Berita

BMKG Nilai Kualitas Udara di Sibolga-Tapteng Masih Bebas Polusi

TAPTENG, FaseBerita.ID – Indeks kualitas udara di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) saat ini dipastikan masih aman atau bebas dari polusi.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Pinangsori Tapteng Ahmad Ubaedillah, saat ditanyai mengenai tingkat pencemaran udara di daerah ini.

“Kalau untuk wilayah kita masih bagus,” ujar Ahmad baru-baru ini.

Meski tidak dapat merinci angka indeks kualitas udara dikarenakan alat guna menedeteksi tidak dimiliki, Ahmad kembali menuturkan bahwa menurutnya kadar udara di Tapteng maupun Sibolga masih berada di atas standar udara yang sehat.

“Untuk kita di sini alatnya belum punya, yang ada itu masih kota-kota besar, tapi kalau untuk wilayah kita (kualitas udara,red) masih bagus,” katanya.

Kendati memastikan udara aman dari polusi, namun menurutnya potensi pencemaran udara juga masih rentan terjadi dampak pembakaran yang kerap berlangsung di luar daerah.

“Cuma, memang ada beberapa hospot di luar wilayah kita, kekeringan tanah itu kan waspada,” imbuhnya.

Ahmad berharap kondisi udara yang sehat saat ini dapat terus berlangsung, sembari mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran-pembakaran lahan yang dinilai menjadi penyumbang terbesar pencemaran udara. (dh/osi)

iklan usi



Back to top button