Berita

BI Corner SMAN 2 Siantar Diresmikan: Semoga Mampu Mendukung Proses Pembelajaran

SIANTAR, FaseBerita.ID – Untuk yang kesekian kalinya Bank Indonesia (BI) kembali meresmikan BI Corner di sekolah-sekolah. Kali ini giliran SMAN 2 Pematangsiantar, Selasa (30/7/2019).

Bantuan senilai Rp85 juta itu dilengkapi dengan rak buku beserta koleksi buku buku pendukung, televisi, perangkat komputer yang terhubung dengan internet, sofa, lampu serta pendukung lainnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat saat peresmian BI Corner di SMAN 2 Siantar, Selasa (30/7/2019) mengatakan,

peresmian BI Corner adalah sebagai salahsatu wujud nyata kepedulian Bank Indonesia kepada dunia pendidikan.

“BI berharap melalui BI Corner akan mampu mendorong dan menjadi tringer bagi generasi penerus untuk giat dan gemar membaca menuju masa depan yang cemerlang,” ujar Edhi Rahmanto Hidayat di hadapan puluhan perwakilan siswa siswi SMAN 2.

Pada kesempatan itu Edhi juga memaparkan secara singkat tentang Bank Indonesia. Katanya, Bank Indonesia merupakan Bank Sentral Republik Indonesia yang memiliki satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kstabilan nilai rupiah, yang tercermin dari inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

“Sebagai salahsatu bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, Bank Indonesia memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Melalui program ini Bank Indonesia berinisiatif untuk memperkuat edukasi masyarakat di bidang ekonomi melalui berbagai hal. Antara lain kegiatan kuliah umum, pemberian program beasiswa Bank Indonesia maupun penyediaan sarana pojok baca atau yang disebut BI Corner seperti yang ada di sekolah SMAN 2,” terang pria berkacamata itu.

Pada tahap awal, BI Corner difokuskan pada Perguruan Tinggi dalam waktu 5 tahun. Program ini merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI yang bertajuk “Indonesia Cerdas”.

Selama tahun 2015-2018, kantor perwakilan Bank Indonesia Pematansiantar telah membangun 12 BI Corner yang tersebar di wilayah kerjanya. Tahun ini, BI membangun 4 BI Corner yaitu SMA Negeri 2 Siantar, SMP Negeri 3, SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 1 Panombean Pane Kabupaten Simalungun.

Melalui BI Corner, pembaca diharapkan dapat memperoleh banyak sumber informasi ekonomi yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri. BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik dalam bentuk cetak maupun visual.

“Dengan semakin banyaknya masyarakat yang memahami peran dan tugas Bank Indonesia, semoga dapat mendukung pencapaian visi dan misi kita. Besar harapan kami semoga BI Corner ini dapat dimanfaatkan secara optimal dan mendukung proses pembelajaran siswa,” ujar Edhi.

Sementara Kepala SMAN 2 Siantar Hasbiansyah Sinaga mengucapkan terimakasih kepada pihak Bank Indonesia karena peduli terhadap dunia pendidikan.

“Terimakasih buat Bank Indonesia atas survey yang dilakukan. Semoga BI Corner ini bisa bermanfaat guna menambah ilmu terhadap siswa SMAN 2 juga bagi guru-guru. Apalagi di sini ada TV yang internetnya langsung terhubung. Silahkan dimanfaatkan untuk mengakses pendidikan tentang Bank Indonesia maupun ilmu lainnya,” kata Hasbiansyah Sinaga.

BI Digital Goes to School

Usai meresmikan BI Corner, Bank Indonesia kembali melaksanakan kegiatan Mengajar yakni “BI Digital Goes to School” di sekolah yang sama, namun ruangan yang berbeda.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk sumbagsih Bank Indonesia terhadap kemajuan dunia pendidikan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan memperingati HUT Bank Indonesia dan HUT RI ke-74,” jelasnya.

Di hadapan puluhan siswa dan guru, Edhi menjelaskan secara detail fungsi Bank Indonesia.

Disebutkan, dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi. Sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas sasaran yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya. Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah.

Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas tersebut perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Hadir pada kesempatan itu perwakilan dari Pemko Siantar Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan Daniel Siregar, guru dan siswa-siswi SMAN 2, dan beberapa pegawai kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. (des)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button