Berita

Besok, PDI Perjuangan Umumkan Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2020

FaseBerita.ID – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, Rabu (19/2) pihaknya akan mengumumkan calon kepala daerah yang bakal diusung partai bernuansa merah ini.

“Ketua Umum DPP PDIP, Ibu Megawati Soekarnoputri dalam rapat DPP pada hari Senin, 17 Februari 2020 telah menetapkan 45 pasangan calon untuk 1 pasangan calon provinsi dan 47 pasangan calon kabupaten/kota, yang sebagian di antaranya akan diumumkan secara terbuka ke seluruh rakyat Indonesia,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Selasa (18/2).

Hasto mengatakan, pengumuman kepala daerah yang diusung PDIP ini sebagian besar pasangan calon yang diusung adalah kepala daerah petahana.

“Karena berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh DPP, mereka mampu membawa kemajuan, pertumbuhan yang berkeadilan, serta kemampuan di dalam membumikan ideologi Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan,” katanya.

Hasto mengatakan, bagi PDIP, pilkada merupakan momentum konsolidasi guna memperkuat kelembagaan partai di dalam menyiapkan pemimpin.

PDIP akan terus menggembleng kader-kader untuk menjadi pemimpin ideologis, memiliki watak nasionalis-kebangsaan, berjiwa kerakyatan guna meghadirkan kesejahteraan rakyat berkeadilan sosial.

Menurut Hasto, setiap kepala daerah dari PDIP harus meningkatkan derajat kemanusiaan melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan taraf kehidupan warganya yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan tersebut.

“Setiap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah wajib mengikuti sekolah partai,” ungkapnya.

Ketua Bappilu: Masih Tahap Survei

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Siantar Imron Togi Siregar mengatakan, sampai saat ini, semua masih dalam tahap penjaringan, dan hasil dari survei belum keluar.

“Belum ada calon yang akan di usung. Semua calon yang mendaftar masih memiliki peluang. Kita masih tahap penjaringan. Kita DPC masih menunggu hasil survei dan menunggu rekomendasi dari DPP,” ujarnya.

Saat disinggung terkait ucapan Hasto selaku Sekjen DPP PDIP yang mengatakan, pengumuman kepala daerah yang diusung PDIP sebagian besar pasangan calon yang diusung adalah kepala daerah petahana, menurut Imron hal itu sah-sah saja. Tetapi semua calon yang mendaftar masih punya peluang karena masih tahapan survei.

“Ungkapan Sekjen itu kan sah-sah saja. Sampai saat ini kita masih dalam tahap penjaringan dan survei. Jadi belum ada calon yang ditentukan secara resmi yang akan di usung partai. Rencananya kalau tidak akhir Februari, awal Maret diumumkan,” ujarnya. (jp/Mag 04)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker