Berita

Berusaha Kabur, 2 Kawanan Perampok Ditembak Polisi Simalungun

FaseBerita.ID – Dua kawanan pelaku perampokan terhadap Romi Yulianto (42) warga Jalan Ahmad Yani Suka Rukun, Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hiilir, Provinsi Riau, Jumat (28/2) lalu akhirnya dihadiahi timah panas di kaki oleh personel Unit Jatanras Satreskrim Polres Simalungun.

Penembakan itu terpaksa dilakukan karena pelaku berusaha kabur saat dibekuk, Rabu (4/3) sekira pukul 02.00 WIB.

Hal itu disampaikan Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu didampingi Kabag Ops Kompol S Widodo, Kasat Reskrim AKP M Agustiawan, Kanit I Jatanras Iptu Yuken Saragih dan Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring, dihadapan para awak media, saat menggelar press release di Halaman Lapangan Bola, Asrama Polisi Polres Simalungun, Jalan Asahan, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Kamis (5/3) sekira pukul 15.30 WIB.

Dijelaskannya, pengungakapan kasus tersebut merupakan hasil pengembangan dari penyelidikan terhadap kasus yang terjadi sebelumnya dengan awalnya polisi berhasil mengamankan salah satu pelaku di Jalan Umum Pematangsiantar-Saribu Dolok, Nagori Raya Usang, Kecamatan Dolog Masagal, dan juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya mobil Toyota Avanza Velos dengan Nopol BB 1153 MC, yang digunakan para pelaku dalam melakukan aksinya.

“Para pelaku ini, Samser Sinaga alias Carles (52) warga Huta Parbaba Dolok, Desa Pagoda, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, dan Januarman Damanik alias Angga alias Balanga (40) warga Jalan Sriwijaya, Kota Pematanhsiantar. Keduanya di amankan dari daerah Tanjung Pinggir, Kelurahan Tanjung Pingir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar,” kata Kapolres.

Ditambahkan, dalam aksinya malam itu kawanan perampok berjumlah 6 orang dengan menggunakan mobil dan peralatan yang sudah diamankan sebelumnya oleh polisi, para pelaku melakukan aksinya. Dari keenam pelaku itu, kini Polres Simalungun sudah mengamankan 3 orang pelaku. Sedangkan 3 pelaku lainnya dini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), yakni P, S, dan RS.

Perlu diketahui, sebelumnya kejadian yang terjadi berawal saat korban yang mengemudi truk bermuatan buah jeruk sedang melintas hendak menuju Bagan Batu itu tiba-tiba dipepet oleh mobil Avanza Warna Putih yang berisikan para pelaku berteriak, ”Kami anggota, berhenti kalian”, kemudian mobil Avanza trersebut menyalip dan melintang di depan truk sehingga mobil truk berhenti.

Kemudian turun salah satu pelaku dan mendatangi supir sambil berkata “minta uang kalian!” sambil mengancam dengan berkata “Kutembak nanti kepala kalian”.

Takut dengan ancaman itu, korban membuka pintu mobil truk lalu mengambil surat-surat kelengkapan mobil truk, dompet, dan Handphone korban. Usai merampas barang berharga itu, para pelaku melarikan diri menuju arah Pematangsiantar.

Tidak terima dengan perlakuan yang diterimanya, korban pun berusaha mengejar dan terjadilah kejar-kejaran dijalan yang malam itu sedang sepi. Akhirnya korban pun melihat mobil Avanza yang dikendarai para pelaku terperosok di parit, tetapi tidak menjumpai tersangka di tempat tersebut.

Selanjutnya korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke Kantor Kepolisian Sektor Pematang Raya, yang langsung ditindak lanjuti Polisi dengan mendatangi TKP dan melakukan pencarian terhadap para pelaku yang diduga telah melarikan diri disekitar lokasi dan berhasil meringkus salah satu pelaku dan langsung membawanya ke Mapolsek Pematang Raya.

Selain itu juga, Polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya, 1 buah Asesoris Tas  model sandang motif loreng,  2 buah senjata tajam jenis Golok, 1 unit Handphone, 1 tongkat terbuat dari Kayu panjang, 1 unit Mobil Toyota Avanza Velos dengan Nopol BB 1153 MC, 1 buah senjata tajam jenis pisau terbuat dari besi bergagang plastik berwarna hitam, dan lain-lain. (Adi)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close