Berita

Bertambah 2 Orang, Pasien Covid-19 Asahan Menjadi 19

ASAHAN, FaseBerita.ID– Kini jumlah warga Kabupaten Asahan yang ditetapkan positif Covid19 berjumlah sebanyak 19 orang. Hal tersebut karena adanya pasien Covid19 yang baru ditetapkan sebanyak 2 orang.

“Hari ini pasien Covid19 bertambah 2 orang warga Kabupaten Asahan inisial MS (40) seorang wanita warga Jalan Karya, Lingkungan I, Kelurahan Sendang Sari, Kecamatan Kota Kisaran Barat dan KS (30) seorang pria warga Lingkungan VII, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kota Kisaran Timur,” beber Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid19, H Rahmad Hidayat Siregar dalam keterangan Press Releasenya, Jumat (3/7).

Hidayat menjelaskan bahwa untuk pasien inisial MS adalah salah seorang yang melakukan kontak langsung dengan orangtuanya yang juga terjangkit Covid19.

“Dari pemeriksaan rapid test, pasien MS hasilnya reaktif. Kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan di RS USU Medan dengan metode uji swab dan Hasilnya Positif Covid 19,” kata Hidayat.

Sambungnya, sedangkan untuk pasien KS kesehariannya berprofesi sebagai tenaga kesehatan di salah satu RS yang ada di kisaran. Dari pasien diambil sample uji swab dan dilakukan pemeriksaan di RS USU Medan. Dari hasil Tes terbut KS dinyatakan Positif Covid 19.

Menindaklanjuti informasi diatas, untuk memutus mata rantai penularan Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Puskesmas Mutiara akan segera  melakukan Tracking Kontak Erat kasus tersebut. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan darah melalui rapid test Covid-19 terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan kedua pasien dimaksud.

“Sampai saat ini pelaksanaan pendataan kontak erat masih dilakukan dengan cara pemeriksaan/screening pada kasus kontak erat dimaksud,” jelasnya.

Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 melalui Jubirnya Rahmat Hidayat, kembali menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dengan tetap memegang teguh protokol kesehatan penanganan Covid 19, tetap memakai masker, hindari keramaian, cuci tangan pakai sabun, sering berolahraga dan tetap jaga Kesehatan.

“Tanpa dukungan dari masyarakat mustahil penyebaran Covid 19 ini dapat kita hentikan,” ujarnya.
Terakhir, Hidayat mengatakan untuk data Covid-19 di Asahan yang PDP 4 orang,  Positif bertambah menjadi 19 orang  dengan pembagian 10 orang masih dirawat, 6 orang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia. (bay/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button