Berita

Bersama Perangi Corona Orasi Keliling Digelar di Parlilitan Humbahas

FaseBerita.ID – Pemerintah Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), melakukan orasi keliling ke sejumlah desa dan onan (pasar) tradisional Parlilitan, mensosialisasikan imbauan pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran corona virus desease (covid19), Selasa (24/3).

Orasi melibatkan Forum Pimpinan Kecamatan, UPT Puskesmas diikuti sejumlah elemen masyarakat seperti tokoh pemuda, tokoh masyarakat Penan Hasugian, serta anggota DPRD Humbahas dari dapil tiga Ir Mutiha Hasugian.

Orasi diawali dari rumah dinas camat  menuju Desa Sionom Hudon Timur, Sionom Hudon Timur II, dan berakhir di Pasar Parlilitan. Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang mengatakan, selain imbauan melalui surat edaran dan berbagai media lainnya, orasi keliling  dirasa menjadi pilihan paling tepat untuk menyampaikan imbauan dalam situasi sekarang, karena sifatnya tidak mengumpulkan warga.

“Jadi, sambil berjalan kita imbau masyarakat untuk mematuhi pemerintah pusat dan juga imbauan bupati, sehingga tidak memberikan ruang bagi mereka untuk berkumpul. Karena kita sambil berjalan,” terang Eliapzan.

Sambil berjalan menggunakan mobil Pusling, Kepala UPT Puskesmas Parlilitan dr Iwilson Ginting sebagai orator menyampaikan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur, buah-buahan serta vitamin c untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Iwilson menegaskan kepada masyarakat untuk menghindari kontak langsung dan keramaian. Karena penyebaran virus korona sangat cepat lewat kontak (bersentuhan). Disarankan menggunakan masker dan mengisolasi diri bagi yang sakit, serta segera periksakan diri jika mengalami demam, batuk, flu atau sesak nafas kepada petugas kesehatan. “Jangan berjabat tangan, jaga jarak minimal satu meter,” tandas Iwilson.

Minum air hangat sesering mungkin dan minuman yang sifatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, seperti wedang jahe sangat dianjurkan agar tubuh dapat melawan virus tersebut. ”Sering berjemur di bawah sinar matahari pagi. Dan, satu lagi, hindari rokok,” imbaunya lewat pelantang suara.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Eliapzan juga menyampaikan imbauan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor terkait penundaan sementara acara adat dan acara lain yang sifatnya berkumpul yang menimbulkan keramaian.

Warga yang yang akan melangsungkan pesta pernikahan, diharapkan dapat menunda acaranya. Dan jika tidak mungkin menundanya, maka acara dilaksanakan sekadar pemberkatan nikahnya saja. Selanjutnya acara adat dapat dilangsungkan setelah situasi membaik. Demikian halnya dengan acara dukacita.

Acara penguburan juga hanya dilaksanakan oleh pihak keluarga. “Ini berlaku untuk semua kegiatan yang sifatnya perkumpulan, termasuk arisan dan lain-lain. Bukan dibatalkan, hanya ditunda. Harap dimaklumi. Ini hanya sementara” pinta Eliapzan.

Kran Air Dipasang Di Pintu Onan

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada UPT S PAM Humbahas atas kepedulian dan kerjasamanya, dalam upaya mencegah penyebaran covid 19 di Kecamatan Parlilitan.

Menurutnya, S PAM telah bersedia mengadakan kran air dengan cepat di setiap pintu masuk pasar tradisional Parlilitan, agar pengunjung Pasar Parlilitan dapat mencuci tangan sebelum masuk dan setelah keluar dari pasar tersebut, Selasa (24/3), hanya beberapa jam sebelum pasar itu beroperasi.

Dijelaskan, S PAM melalui petugasnya Penas Sinaga sangat tanggap dan sigap menyikapi situasi yang ada. Dia juga berterimakasih kepada pihak UPT Puskesmas yang telah menyediakan sabun untuk cuci tangan para pengunjung.

“Terimakasih kepada UPT S PAM yang telah mengadakan kran pada setiap pintu masuk pasar ini. Kita berharap, para pelaku pasar ini dapat mencuci tangannya lebih dulu sebelum memasuki pasar dan juga setelah berbelanja. Virus corona adalah musuh kita bersama. Karenanya mari saling menjaga demi kesehatan kita dan orang di sekitar kita. semoga Tuhan melindungi kita semua,” tandasnya. (sht/ahu/sr)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close