Berita

Berkas Pelaku Pembakaran 12 Kios P21, Minggu Depan Diserahkan ke Jaksa

FaseBerita.ID – Kurang lebih tiga bulan mendekan di dalam tahanan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Pematang Siantar (PPA-red), berkas Fika Febriani alias Agil (24), pelaku pembakaran 12 kios di depan Stasiun KA Siantar akhirnya dinyatakan lengkap atau P21.

Minggu depan, berkas berikut tersangka rencananya akan dilimpahkan ke Kejaksaan Siantar. Hal itu disampaikan Kasubbag Humas Iptu Rusdi Ahya, Rabu (4/3).

“Rencananya Rabu (18/3) depan penyidik unit Sat Reskrim Polres Siantar, akan melimpahkan tersangka Fika Febriani alias Agil bersama barang buktinya ke kantor Kejaksaan Siantar sebagai tahap P22,” ujarnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 187 KUHP berbunyi sengaja melakukan pembakaran dengan Ancaman 12 Tahun penjara.

“Saya lupa nama jaksa yang menangani, tapi berkas tersangka Fika Febriani telah P21 beberapa hari lalu. Kita tinggal pelimpahan saja. Kalau tersangka Fika Febriani masih ditahan dititip di Lapas Klas II A Pematangsiantar,” ujar Iptu Rusdi Ahya.

Sebelumnya Fika Febriani alias Agil (24), tersangka penyebab peristiwa kebakaran belasan kios di kawasan Stasiun Kereta Api (KA), Kelurahan Proklamasi, Kota Pematangsiantar, nyaris jadi sasaran kemarahan korban kebakaran.

Insiden berawal dari upaya petugas Labfor Polda Sumut dibantu personel unit Satuan Reskrim Polres Pematangsiantar membawa tersangka ke tempat kejadian perkara, Selasa (17/12) sore.

Melihat kehadiran tersangka, warga dan para korban kebakaran, spontan meneriaki dan berusaha untuk memukulnya.

Namun tidak kesampaian atas kesigapan petugas yang segera mengamankan tersangka ke dalam mobil, dan membawa kembali ke Mapolres.

Kasat Reskrim Iptu Nur Istiono menerangkan, pihaknya melakukan olah TKP untuk keperluan penyelidikan, dan tersangka dibawa guna melihat langsung perannya saat membakar tilam tempat tidur dirumahnya, yang berdampak hangusnya belasan kios lainnya.

Polisi menetapkan dan melakukan penahanan terhadap tersangka setelah melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi-saksi.

Dari olah tempat kejadian, ditemukan keterangan, kebakaran berasal dari kios yang ditinggali saksi Muliati, ibu tersangka.

Saksi mengatakan, tersangka sebelum peristiwa, masuk ke kamar membawa satu kompor bersumbu berisikan minyak tanah.

Kemudian tersangka menyiramkan minyak tanah ke bagian tempat tidur, dan membakar ruangan kamar hingga meluas menghanguskan kios-kios lainnya. (mag-03)

Melawan Virus Corona   Pascasarjana USI  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close