Berita

Beberapa Faktor Ini Pemicu Kerawanan Pemilu 2019

FaseBerita.ID – Pengamat Intelijen dan keamanan Stanisiaus Riyanta mengatakan, ada beberapa kerawanan di sisa hari menjelang pencoblosan Pemilu 2019. Meski begitu, pemilu dipastikan dapat berjalan dengan lancar.

Kerawanan yang ditemukan jelang pemilu adalah situasi politik polarisasi dari kedua kubu. Polarisasi juga diperparah dengan politik identitas. Ancaman lain dalam pelaksanaan pemilu, kata dia, adalah maraknya penyebaran berita hoaks yang bisa mengakibatkan kedua kubu menjadi korban hoaks.

Selain itu, menurut Stanisiaus narasi yang disebarkan oleh beberapa pihak juga dapat memicu kerawanan.

“Narasi-narasi juga disebarkan yaitu narasi seperti kita pasti menang, kalau tidak menang kita berarti dicurangi. Ini adalah narasi-narasi yang ke depannya memunculkan kegaduhan adapun nanti pada pemungutan atau perhitungan suara,” ujarnya saat menghadiri diskusi publik di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019. Menurutnya narasi yang muncul tersebut adalah propaganda untuk legitimasi terutama oleh pihak yang tidak siap kalah.

Stanisiaus menyatakan, kerawanan yang muncul di detik-detik pemilu ini harus segera diatasi agar tidak menjadi semakin parah. Terutama soal politik identitas yang dapat menjadi pemicu konflik.

“Kalau tidak diatasi ini bisa jadi memperparah. Ancaman itu akan terjadi jika ada pintu masuk. Pintu masuknya kerawanan,” katanya. Selain itu, kata Stanisiaus, masih ada kerawanan lain yaitu pemilu menjadi ajang eksistensi kelompok yang sebetulnya sudah dilarang.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3 4Laman berikutnya
Back to top button