Berita

BBM Langka di Palas: Begitu Datang, Warga Langsung Serbu SPBU

FaseBerita.ID – Warga Palas dua minggu terakhir bergemelut dengan kondisi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kosong di SPBU. Kondisi ini tidak seperti biasanya, terpaksa mengantre jadi pilihan pengendara setiap SPBU.

Malah, SPBU yang baru kedatangan stok kiriman minyak, langsung diserbu pengendara. Kurang lebih dua jam, stok minyak yang terbatas langsung habis.

Tidak saja BBM jenis pertalite, pertamax dan solar juga kerap kosong. Bahkan, pengendara rela mengisi BBM jenis pertamax, yang biasa pertalite.

“Mau gimana lagi, cuma ini yang ada,” ujar Novi salah seorang pengendara kreta.

Pemandangan SPBU bertuliskan plank ‘(pertalite, solar) lagi dalam perjalanan’ juga tidak biasanya. Kini tulisan itu kerap terpampang menghiasi halaman SPBU.

Tidak diketahui penyebab terbatasnya belakangan BBM ditiap SPBU. Hanya saja, permintaan kiriman ke SPBU dikurangi.

Seperti di SPBU 14227309 Padang Luar Sibuhuan, biasanya permintaan jatah minyak jenis pertalite 18 ton perhari. Jenis solar 18 ton per lima hari. Sedang pertamax yang terkesan penggunanya tertentu, jatahnya 9 ton perbulan.

Belakangan, permintaan itu hanya setengahnya saja yang dikirim pertamina depot Sibolga. “Sejak awal tahun kemarin sudah begitu, cuma yang paling parah berkisar dua minggu inilah. Nggak tahu penyebabnya apa, yang jelas jatah biasanya dikurangi, tidak kita saja, hampir semua SPBU,” jelas Arsyad B Harahap selaku Supervisor SPBU 14227309 Padang Luar Sibuhuan.

Dan ini juga berimbas pada pengusaha minyak eceran. Dengan jatah yang terbatas, pihak SPBU tidak akan mengisi jerigen.

“Kalau kayak gini, mana kita kasih ngisi jerigen, sedangkan kenderaan antri,” tambah Arsyad.

Sementara menurut telusuran Plt Kadis Perindag Palas, Julpanuddin Daulay yang dihubungi, Rabu (4/3) mengaku kondisi dipengaruhi kurangnya jatah minyak di depot Sibolga. Sehingga berimbas pada jatah yang dikurangi pada tiap SPBU.

“Bukan di daerah kita saja, Sibolga sampai Taput juga begitu,” sebut Julpanuddin.

Meski demikian, menurut Plt kadis perindag ini, pihak Pertamina depot Sibolga akan mengoptimalkan kembali dalam waktu dekat.

“Kemarin sudah kita lakukan rapat, dan berkoordinasi ke depot Sibolga. Depot Sibolga akan mengupayakan pengoptimalan kondisi ini dalam waktu dekat,” tandasnya. (tan)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker