Berita

Bawaslu Temukan 1 Bakal Calon Bupati Simalungun Terdaftar di 2 Daerah

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Hasil penelusuran Bawaslu Simalungun terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perubahan pada Pilkada Simalungun tahun 2020 diberikan KPU Simalungun, pada Jumat (18/9/2020), ditemukan data pemilih ganda. Satu pemilih terdaftar di dua lokasi alamat berbeda.

Hasil penelusuran di situs lindungihakpilihmu.go.id, ditemukan pemilih ganda yakni salah satu bakal calon bupati Simalungun. Tercatat di TPS 59 Tangerang Selatan dan tercatat juga di TPS V Kelurahan Sondi Raya.

Komisioner Bawaslu Simalungun Divisi Pengawasan M Adil Saragih, Jumat (18/9) mengatakan, dari hasil penelusuran ditemukan adanya pemilih terdaftar di lebih dari satu tempat tinggal. Bertentangan dalam Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2019 pasal 6 ayat 1 menyatakan bahwa seorang pemilih hanya terdaftar satu kali dalam daftar pemilih pada setiap desa/kelurahan atau sebutan lainnya pada pasal 2 ayat 6 menyatakan bahwa “jika pemilih terdaftar di lebih dari satu tempat tinggal, pemilih dimaksud didaftar sesuai dengan alamat yang tercantum dalam kartu tanda penduduk elektronik atau surat keterangan.

Atas kasus itu, Bawaslu Simalungun meminta kepada KPU Simalungun untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi adanya kegandaan pemilih ini

“Kita juga kecewa bahwa kemampuan Sistem Data Pemilih (Sidalih) dari KPU belum maksimal mendeteksi kegandaan pemilih. Sehingga kemungkinan pemilih terdaftar di dua lokasi, tidak otomatis terdeteksi,” kata M Adil Saragih.(rel/esa)



Pascasarjana


Unefa
Back to top button