Berita

Bawaslu Tapteng Terima 7 Laporan Dugaan Pelanggaran

TAPTENG, FaseBerita.ID – Pasca berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 17 April 2019, Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menyatakan telah menerima sebanyak 7 laporan pengaduan dugaan pelanggaran atau kecurangan saat berlangsungnya pesta demokrasi itu.
Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu Tapteng Sapran Matondang, Jumat (19/4). “Ada lebih kurang tujuh,” ujar Sapran saat dihubungi melalui sambungan teleponnya.

Dijelaskannya, laporan pengaduan pelanggaran yang diterima pihaknya itu di antaranya dua laporan dari Kecamatan Manduamas. “Ada di (Kecamatan, red) Manduamas dua. Itu mengarah pelanggaran pidana, karena dia memberikan hak pilihnya lebih dari sekali,” katanya.

Sementara laporan pengaduan lainnya yang diterima pihaknya itu juga merupakan pelanggaran Pidana. “Rata-rata itu (Pelanggaran Pidana, red) semuanya,” tuturnya.

Selain menerima tujuh laporan pengaduan pelanggaran saat berlangsungnya perhelatan pesta rakyat itu, lanjut Sapran, pihaknya juga menemukan empat kasus dugaan pelanggaran melalui beberapa video yang viral di medsos yang diunggah oleh warga. “Tapi ada temuan-temuan masyarakat yang viral semua, ada lebih kurang empat, ada yang medsos (video,red),” ucapnya.

Dan hingga saat ini, masih kata Sapran, pihaknya tengah berupaya untuk melakukan investigasi langsung atas kebenaran video yang viral tersebut.

“Iya, investigasi dulu kami. Itu dia yang mau kita dalami hari ini ke sana, di (Kecamatan, red) Barus sama (kecamatan,red) Andam Dewi,” tutupnya. (dh)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button