Berita

Bawaslu Simalungun Survei Indeks Kerawanan Pilkada

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Komisioner Bawaslu Simalungun melakukan koordinasi ke Polres Simalungun, KPU Simalungun dan media untuk menyusun indeks kerawanan Pilkada 2020, Rabu (11/12/2019) sekira pukul 11.00 WIB.

Survei indeks kerawanan Pemilu itu sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk pemetaan kerawanan menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun tahun 2020.

Hal tersebut diutarakan Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Simalungun, M Adil Saragih, didampingi staf, Rudolf Samosir dan Yustina Hutagaol saat dikonfirmasi di ruang Kasat Intel Polres Simalungun, Rabu (11/12).

“Kita melakukan Survei indeks kerawanan Pemilu Pilkada 2020 terhadap media, KPU dan Polres Simalungun dengan cara menanyakan 125 pertanyaan sambil mengisi angket Bawaslu,” ujarnya.

M Adil Saragih menerangkan, tujuannya untuk pemetaan kerawanan pemilu agar nantinya kerawanan-kerawanan yang dihadapi dapat diantisipasi.

“Survei ini terkait laporan-laporan atau pemberitaan seperti intimidasi kepada peserta calon secara fisik, non fisik, laporan pengerusakan fasilitas, kerusakan logistik pada Pilkada yang lewat,” sebutnya.

Lanjut Adil Saragih menjelaskan bahwa Survei  kerawanan indeks Pemilu tersebut akan diserahkan ke Bawaslu RI dan hasilnya akan dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

“Intinya, kita sedang menyusun indeks kerawanan Pilkada supaya sebelum Pelaksanaan Pilkada nantinya kita sudah tahu mengambil solusi dan dapat mengantisipasinya,” pungkasnya. (mag-05/fe)

 



Pascasarjana

Unefa
Back to top button