Berita

Bawaslu Humbahas Bersihkan APK

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Memasuki masa tenang Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Humbahas kerjasama dengan sejumlah stake holder melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu.

Ketua Bawaslu Humbahas, Henri Wesly Pasaribu menyebutkan, hal itu sesuai dengan pasal 25 PKPU Nomor 23/2018 tentang masa tenang Pemilu yang dimulai pada 14 April-16 April 2019.

Pemberisihan dilakukan secara menyeluruh dan serentak di seluruh Indonesia dan harus selesai sebelum hari-H pemungutan suara di TPS, sehingga APK tadi bebas dari pengaruh dalam menentukan hak pilih.

Henri menjelaskan, dalam menjalankan pembersihan, pihaknya bekerjasama dengan KPUD Humbahas, Satpol-PP daerah setempat, personil Polres Humbahas dan personil Bawaslu.

“Sebelum pembersihan, kita bersama tim melakukan breafing sekaligus mengecek alat kelengkapan kepada personil di halaman Sekretariat Panwascam Dolok Sanggul,” ujar Henri, Minggu (14/4)

Diawali dari poros utama kota Dolok Sanggul, secara bersamaan pembersihan APK juga dilakukan di tingkat kecamatan sampai tingkat desa.

“Tanpa terkecuali termasuk di posko pemenangan Capres-Cawapres, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota. Mobil yang branding gambar Parpol atau peserta Pemilu dan bahan kampanye yang menempel di betor,” tukasnya.

APK yang dibersihkan dari lapangan, sementara akan diamankan di kantor sekretariat Bawaslu Humbahas atau Panwascam setempat.

“Bagi pengurus parpol atau peserta pemilu yang mau mengambil APK tersebut bisa datang ke kantor Bawaslu Panwascam dengan menandatangani berita acara,” tandasnya. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button