Berita

Bawaslu Asahan Minta 75 Panwascam Langsung Bekerja

FaseBerita.ID – Panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) yang telah dilantik diminta untuk turun dan aktif menyosialisasikan dirinya ke masyarakat. Selain itu mereka juga diperintahkan untuk segera berkoordinasi dengan Forkompincam setempat.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Asahan Khomaidi Hambali Siambaton saat melantik 75 anggota Panwascam di 25 kecamatan se-Kabupaten Asahan di Hotel Sabty Garden Kisaran, Senin (23/12).

“Setelah pelantikan hari ini selesai, kita arahkan 75 anggota Panwascam se- Asahan segera melakukan pleno untuk pemilihan ketua divisi, lalu pembekalan. Kemudian kita sarankan untuk berkoordinasi dengan Forkompincam setempat,” ungkap Khomaidi Hambali saat pelantikan.

Dijelaskan, Panwascam itu bertugas dalam rangka kontestasi Pilkada 2020. Panwascam juga harus tegas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Khomaidi juga mengimbau agar anggota Panwascam untuk segera melakukan koordinasi dengan Forkompincam utamanya Camat setempat. Hal demikian berkaitan dengan pinjam tempat untuk kantor Panwascam.

Sebelumnya, dari 75 anggota Panwascam dilantik sebanyak 45 merupakan wajah lama lalu 30 orang merupakan wajah baru.Ditambahkan, dalam waktu dekat Panwascam siap diterjunkan atau bekerja. Sebab, tahapan Pemilu sudah dimulai.

Bupati Asahan, H Surya BSc yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan Pilkada yang tertib, jujur, adil, aman dan berintegritas.

Surya sendiri yang kembali mencalonkan sebagai Bupati Asahan memberikan wewenang penuh kepada aparat sipil negara dilingkungannya terhadap Bawaslu untuk mengontrol agar Pilkada berjalan dengan adil dan fair.

“PNS harus netral tidak boleh (terlibat kampanye). Cuma,  yang perlu jadi catatan kenetralitasan PNS itu masih diberikan hak politik. Bagi orang diberikan hak politik itu harus memilih ya kan netral itu pemahamannya bukan berarti dia tidak boleh memilih cuman dia tidak boleh ikut kampanye tidak ikut beraktivitas kepada salah satu pasangan calon,” katanya. (per/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker