Berita

Barongsai dari Sumatera Barat Tampil Memukau di Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Masih dalam suasana Tahun Baru Imlek 2571 di Kota Sibolga, Kamis (6/2), atraksi barongsai dari kantor pusat Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang, Sumatera Barat, yang juga pernah menjadi juara III dalam Kejurnas Barongsai tahun 2018 tampil memukau di depan kantor HTT Kota Sibolga Jalan S Parman Sibolga.

Kehadiran grup barongsai dari Padang ini, mendapat antusias dari masyarakat. Itu terbukti, sejak penampilan barongsai dimulai sekira pukul 16.00 WIB, mendapat kunjungan yang ramai dari masyarakat. Pertunjukan itu juga dihadiri Ketua HTT Sibolga Andri Parlinggoman alias Alok, Mestika Nauli serta para pengurus HTT Sibolga lain, yang rata-rata merupakan pengusaha di Sibolga maupun Tapanuli Tengah.

Ketua HTT Kota Sibolga Andri Parlinggoman kepada New Tapanuli menyampaikan bahwa dalam rangkaian Tahun Baru Imlek, ada 14 hari lamanya rangkaian Imlek yang harus dilalui hingga hari terakhir pada hari ini, Sabtu (8/2).

“Dalam rangkaian Imlek tersebut, kita berharap adanya harapan baru yang dapat diperoleh untuk tahun ini, sehingga memberikan berkah yang baik di tahun ini,” jelasnya.

Menurut ketua HTT Sibolga ini, barongsai yang tampil di HTT Sibolga ini merupakan barongsai yang diundang oleh Walikota dan Ketua DPRD Kota Gunung Sitoli. Namun karena barongsai ini milik DPP HTT di Padang, maka sebelum menyeberang ke Gunung Sitoli, mereka berkenan tampil dulu di HTT Sibolga.

Sementara itu mestika Nauli menyampaikan bahwa dalam budaya Tionghoa, terutama dalam suasana Imlek, Barongsai itu merupakan keberuntungan. “Jika ada Barongsai masuk ke rumah kita, maka itu identik dengan datangnya keberuntungan bagi yang punya rumah,” jelasnya.

Menurut dia, barongsai saat ini merupakan budaya yang sedang berkembang di tanah air kita. Dan ini direncanakan akan dipertandingkan di PON yang akan datang. “Seperti pemain dari grup barongsai HTT Padang ini, ada tiga orang cewek asli dari Minangkabau dan agamanya juga bukan agama Buddha,” jelas dia. (mis)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close