Berita

Bapaslon Bupati Humbahas Dosmar-Oloan Lengkapi Persyaratan

FaseBerita.ID – Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati/Wakil bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor-Oloan Paniaran Nababan kembali mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Humbang Humbahas, Minggu (6/9).

Kedatangan mereka adalah kali kedua setelah sebelumnya pada Sabtu (5/9), KPU tidak menerima pendaftaran serta mengembalikan dokumen bapaslon tadi untuk dilengkapi karena dianggap belum memenuhi persyaratan sesuai Peraturan KPU.

Ketua KPUD Humbahas, Binsar Pardamean Sihombing mengatakan, setelah dilakukan penelitian dokumen pendaftaran, bapaslon Dosmar-Oloan sudah memenuhi syarat pencalonan sesuai dengan PKPU Nomor 1/2020.

Baca juga: Tidak Memenuhi Syarat, KPU Humbahas Kembalikan Dokumen Pendaftaran Dosmar-Oloan

Untuk itu, pihaknya telah mengeluarkan berita acara (BA) pendaftaran serta tanda terima pendaftaran Bapaslon tersebut dengan diusung enam gabungan partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD “Bapaslon itu meyerahkan dokumen syarat pencalonan kepada KPUD Humbahas untuk diteliti sebagaimana peraturan yang berlaku,” kata Binsar, melalui ponselnya, (7/9).

Atas pemeriksaan berkas pencalonan, Binsar memaparkan bahwa gabungan Parpol yang mengusung Dosmar-Oloan sebanyak enam partai yang memiliki kursi di DPRD, yaitu PDIP, Golkar, Hanura, NasDem, Gerindra dan Demokrat. “Artinya, dengan BA dan tanda terima pendaftaran itu, syarat pencalonan dari Bapaslon Dosmar-Oloan sudah memenuhi syarat,” tukas Binsar.

Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi, apakah dokumen yang diterima telah memenuhi syarat atau masih perlu adanya perbaikan. “Jika perlu perbaikan, akan diberitahukan kepada bapaslon,” imbuhnya.

Terkait pencalonan dari partai Golkar yang sebelumnya tidak memenuhi syarat, Binsar menjelaskan bahwa Partai Golkar sudah menghadirkan pengurus DPP yang dilengkapi dengan mandat untuk menandatangani B1KWK. “Setelah dicocokkan dengan Sipol KPU, yang bersangkutan merupakan pengurus DPP dan menjabat sebagai Wasekjen Partai Golkar. Jadi, menurut kami sudah memenuhi persyaratan dan prosedur sesuai PKPU Nomor 1 Tahun 2020, pasal 39 ayat 3 b dan 3 b1,” ujar Binsar.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengembalikan dokumen pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati/Wakil bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor-Oloan Paniaran Nababan karena belum memenuhi syarat pencalonan dari salahsatu partai pengusung.

Pasangan balon bupati/ wakil bupati yang diusung delapan gabungan partai politik itu mendatangi kantor KPU setempat, Sabtu (5/9) pagi hari serta menyerahkan dokumen pendaftaran. Akan tetapi, oleh KPUsaat dilakukan penelitian atas dokumen tersebut, ditemukan salashatu syarat pencalonan dari Partai pengusung, yaitu partai Golkar yang tidak memenuhi syarat.

Dengan perdebatan panjang serta adu argumen dari kedua pihak yang berlangsung lebih kurang tiga jam, sekitar pukul 20:35 Wib, bakal pasangan calon dan Parpol pengusung sepakat menunda pendaftaran hingga dilakukan perbaikan. (sht/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button