Berita

Bantuan Paket Sembako Pemprovsu Disalurkan Pekan Ini di Tapteng

FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan paket bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan disalurkan pekan ini kepada masyarakat di 20 Kecamatan yang ada di Tapteng.

“Besok atau Rabu akan segera disalurkan ke para penerima,” ujar Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada awak media, Senin (18/5).

Bakhtiar menuturkan, bantuan paket sembako itu diperuntukkan kepada 36.506 Kepala Keluarga (KK) di 20 Kecamatan di Tapteng. Dan penyalurannya kemungkinan akan berlangsung dua tahap, yaitu sebelum lebaran dan pasca lebaran. “Karena luas daerah Tapteng, dan dimungkinkan juga akan ada kerusakan, dan jika ada kerusakan, silahkan melapor agar diganti,” kata Bakhtiar.

Selain itu, lanjut Bakhtiar, sejumlah bantuan lainnya juga ditargetkan disalurkan sebelum perayaan Idul Fitri. Seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa untuk sebanyak 12.200 KK dengan total dana keseluruhan sebesar Rp 21.960.000.000 untuk 3 bulan.

“Syarat penerima itu keluarga miskin yang kehilangan mata pencaharian, keluarga miskin yang menderita penyakit kronis menahun, tidak penerima PKH, BPNT, dan BST. Dipilih orangnya, jadi jangan berharap semua mendapat,” ucapnya.

Kemudian, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 13.430 KK, penyaluran e-warung sebanyak 6.799 KK dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos untuk 14.576 Kepala Keluarga untuk 3 bulan. “Yang PKH dan DTKS, itu data Kemensos, kami juga kesal kenapa orang kaya mendapat ini, bahkan di luar daerah ada anggota dewan yang dapat,” sebutnya.

Masih kata Bakhtiar, bantuan paket sembako dari dana desa juga akan kembali disalurkan kepada masyarakat. Yakni untuk 32 ribu KK. Penyaluran akan dilakukan pasca perayaan lebaran.

“Sebanyak 32 ribu KK di desa dan yang kelurahan Pemkab akan menyiapkan 20 ribu, total 52 ribu KK akan kembali mendapat sembako setelah lebaran,” katanya. (dh)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button