Berita

Bangunan Tugu Sangnaualuh Mangkrak Jadi ‘Markas’ Anak Punk

SIANTAR, FaseBerita.ID – Bangunan Tugu Sangnawaluh yang kini dibiarkan mangkrak menjadi tempat berkumpul anak punk. Bahkan, sekitar lokasi bangunan telah ditumbuhi rumput bak hutan. Pohon yang sudah tinggi juga mengganggu pemandangan pusat inti kota.

Salah seorang pengendara menyayangkan mangkraknya pembangunan tugu tersebut. Apalagi bangunan itu berada di pusat kota.

“Intinya pemerintah tidak jeli melihat permasalahan ini. Apalagi sebentar lagi mau Tahun Baru, banyak orang luar lalu lalang di sini. Bagaimana reaksi mereka melihat kondisi itu. Bangunan tampak kumu dan jelek,” kata seorang pengendara.

Hal serupa disampaikan Ketua DPC Himapsi Siantar Cristopel Sipayung Spd. Ia mengaku prihatin terhadap pembangunan tugu Sangnawaluh yang kini menjadi sorotan semua kalangan.

“Lihatlah, bangunan itu bahkan sudah menjadi tempat berkumpul para anak punk. Kita miris melihat bangunan itu. Apalagi berada di inti kota. Rumputnya juga sudah panjang-panjang,” ujarnya.

Sementara Rohdian Purba selaku Seketaris PMS Kota Siantar menerangkan, akibat ketidakseriusan Pemko Siantar dalam menyelesaikan pembangunan Tugu Sangnauluh itu, kini lokasi itu sudah menjadi ‘sarang’ para anak-anak punk.

“Sepertinya Pemko tutup mata atas persoalan ini. Padahal, dengan dibiarkannya seperti itu sudah mencoret wajah Kota Siantar. Kita sangat menyesalkan kejadian ini. Pemko harusnya segera menindaklanjuti pembangunan Sangnauluh itu sebagaimana janji Walikota pada saat acara ziarah di Zorat Raja Sangnaualuh pada Hari Jadi Kota Pematangsiantar tanggal 24 April 2019 lalu,” terangnya.

Saat itu, sambungnya, Walikota menyatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan kembali pertemuan dengan Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Keluarga Raja Sangnauluh, Pemerintah Kota untuk menindak lanjuti Pembangunan Tugu tersebut.

“Tetapi nyatanya sampai saat ini belum juga dilaksanakan. Akhirnya seperti saat ini, kesannya tetap terjadi pembiaran. Hal itu bagian daripada kelalaian Pemko Siantar. Bahkan beberapa bulan yang lalu kita sudah minta kepada Walikota agar bangunan mangkrak tersebut dirobohkan saja sampai mendapat titik terang kesepakatan bersama kembali, terkait dimana akan dibangun Tugu Raja Sangnawaluh,” terangnya. (ros)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker