Berita

Bangunan Teras Toko Ban Diduga Tak Ada IMB, Kadis DPMPTSP: Akan Kita Beri Peringatan

FaseBerita.ID – Bangunan teras rumah toko (ruko) Toko Ban yang berada di Jalan A Yani, Kota Rantauprapat, tepatnya di depan Gang Ladon, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu diduga tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Pantauan wartawan, Minggu (27/10/2019) sore, teras ruko tersebut hampir menghabiskan bahu jalan. Sehingga, terlihat hanya menyisakan sedikit ruang untuk pejalan kaki yang melintas di depan ruko tersebut.

Anehnya, bangunan teras ini terkesan dibiarkan begitu saja oleh pemerintah daerah setempat. Pasalnya, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Labuhanbatu Faisal Amri Siregar, mengakui bangunan teras tersebut tidak memiliki IMB.

“Tidak ada kami keluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) teras itu. Nanti kami akan berikan peringatan. Kalau sampai tiga kali tidak diindahkan mereka, kita akan surati Satpol PP biar dibongkar,” katanya belum lama ini.

Sementara, salahseorang staff Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Labuhanbatu Heri menjelaskan bahwa, setiap bangunan yang di cor, itu harus memiliki IMB.

“Meskipun teras. Tiangnya kan pakai semen lalu di cor. Itu sudah termasuk bangunan,” jelas Heri.

Terpisah, pemilik ruko toko ban, Deni saat dikonfirmasi wartawan membantah kalo teras tersebut, bangunan yang harus pakai IMB.

“Itukan papan reklame, kalau izin reklame sudah kita tunjukkan kepada Oknum Satpol PP yang datang baru-baru ini. Kita sudah lengkapi. Tidak ada itu bangunan, yang ada hanya teras sementara. Dan kalau ada pelebaran kita siap bongkar,” paparnya melalui seluler.

Saat ditanya, mengapa lantainya di juga semen hingga ke bibir jalan aspal, Deni tetap berkilah itu bukan bentuk bangunan. “Hanya lantai, itupun tetap di belakang parit jalan,” tandasnya. (bud/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close