Berita

Bangun Jalan Provinsi di Psp Pemprovsu Kucurkan Rp16 M

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Tahun ini, ada 2 ruas Jalan Provinsi yang akan ditingkatkan pembangunannya di Kota Padangsidimpuan. Pembangunan itu kurang lebih bernilai Rp16 miliar.

“Saya akan pastikan ke Pak Wali (Walilkota, red), kita akan membangun jalan ini tahun ini,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Ir Haris Lubis, saat meninjau Jalan Provinsi di Jalan Hutaimbaru-Batunadua, Jumat (22/3) lalu.

Kedatangan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Ir Haris Lubis didampingi Kepala UPT JJ (Jalan Jembatan) Padangsidimpuan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Hasian Dasopang ST dan Kepala BPBD Provinsi Sumut, Dr Riadil Akhir Lubis MM meninjau kondisi Jalan Provinsi di Kota Padangsidimpuan.

Mereka disambut hangat oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, Kepala Bagian Orta Drs M Jusar Nasution, Ketua TP4 Ir H Raja Sahlan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ir Armin Siregar dan Kepala BPBD Ir H Ibrahim Dalimunthe.

Walikota dan jajarannya langsung turun ke Jalan Hutaimbaru-Batunadua mendampingi jajaran Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi. “Kita pastikan akan terus meningkatkan pembangunan Jalan Provinsi di Padangsidimpuan ini apabila status atau pembebasan lahannya sudah selesai,” sebut Haris.

Di Jalan Hutaimbaru-Batunadua, jajaran Tokoh Masyarakat dan Aparatur Pemerintahan setempat yang dipimpin Camat Psp Hutaimbaru Sayidiman Pulungan menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Walikota Padangsidimpuan dan jajaran Pemprovsu yang melakukan peninjauan tersebut.

“Dari simpang ini (Jalan Hutaimbaru-Batunadua) Namanya Jalan Oppu Sarudak sampai persimpangan Sabungan. Kita sangat berterimkasih atas pembangunan ini. Mudah-mudahan dapat memudahkan akses warga dan membantu perekonomian masyarakat,” sebutnya.

Berjalan dari Jalan Hutaimbaru-Batunadua, Walikota dan Kadis BM-BK Pemprovsu melanjutkan peninjauan ke Jalan Provinsi Hutaimbaru-Hanopan. Disitu, Kadis BM-BK Pemprovsu juga memastikan kepada Walikota Padangsidimpuan akan membangun jalan pada tahun ini.

“Pak Wali, ini juga akan kita bangun. Tolong dicatat ya Pak Dasopang (Kepala UPT JJ (Jalan Jembatan) Padangsidimpuan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Hasian Dasopang ST, red),” jelasnya.

Di sela-sela peninjauan, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Ir Haris Lubis memaparkan Pemprovsu sangat berkomitmen untuk meningkatkan Pembangunan Jalan Provinsi di Kota Padangsidimpuan apabila telah memenuhi persyaratan.

“Ini salah satu komitmen Pak Gubernur kita, membuka jalan yang belum dibuka, meningkatkan jalan yang baru dibuka agar memudahkan akses masyarakat,” pungkasnya.

Pada tahun 2019, kata Haris, Pemprovsu akan membangun di dua ruas Jalan Provinsi, yaitu Jalan Hutaimbaru-Batunadua dengan hotmix jalan sepanjang 1,5 Kilometer dengan pagu anggaran sebesar Rp7,5 Miliar dan Grading Operation sepanjang 6,9 kilometer di ruas Jalan Provinsi Hutaimbaru-Hanopan dengan pagu anggaran sekitar Rp1 Miliar.

“Jalan ini (Jalan Hutaimbaru-Hanopan) panjangnya 8,4 Kilometer. Jadi tahap pertama, kita lakukan pembangunan hotmix jalan sepanjang 1,5 kilometer dan sisanya 6,9 kilometer akan kita Grading Operation,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala UPT Jalan Jembatan Bina Marga dan Bina Konstruksi Hasian Dasopang ST menjelaskan, ada tiga ruas Jalan Provinsi di Sidimpuan.

Yakni ruas Hutaimbaru-Hanopan, Hutaimbaru-Batunadua, dan Sidimpuan By Pass. Pada tahun 2019 ini Pemprovsu juga telah mengalokasikan anggaran Rp1 M untuk pemeliharaannya.

Sementara itu Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH bersyukur dan berterimakasih atas pembangunan yang akan dilakukan Pemprov Sumut, khususnya pembangunan ruas Jalan Hutaimbaru-Hanopan yang telah dibuka tujuh tahun lalu tapi tidak pernah bisa dilintasi dan sudah dipenuhi semak belukar.

“Pembangunan jalan ini (Jalan Hutaimbaru-Hanopan, red) sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat setempat, terutama bagi para petani kita.

Pembangunan ini akan mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” sebut Irsan.

Tiga ruas Jalan Provinsi di Kota Padangsidimpuan berfungsi sebagai jalur lingkar luar kota dan akan menjadi perlintasan kendaraan tonase besar. Kemudian dengan berfungsinya tiga jalur ini, kemacatan di pusat kota semakin terurai dan kualitas badan jalan pun bertahan lama.

“Pembangunan jalan ini dapat dikategorikan sebagai bagian dari Gerakan Sidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera, yang apabila disingkat menjadi Gesid Bersinar,” jelas Irsan. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button