Berita

Bang Hasim Ziarah ke Makam Tuan Raja Sang Madjadi Sinaga di Tanah Jawa

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Calon Bupati Simalungun nomor urut 2 Muhajidin Nur Hasim berziarah ke makam Tuan Raja Sang Madjadi Sinaga di Kelurahan Pamatang Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (2/10/2020) sore. Saat berziarah, Muhajidin Nur Hasim yang juga sering disapa Bang Hasim didampingi langsung pihak keluarga Raja Sang Madjadi Sinaga.

Untuk masuk ke lokasi makam, dilakukan prosesi membuka pintu dengan membawa bunga, daun sirih, dan air. Setelah pintu dibuka, Hasim masuk, memanjatkan doa, dan menyiramkan air ke makam.

Cucu Tuan Raja Sang Madjadi Sinaga, Bapak Rosa Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Hasim yang telah berziarah ke makam leluhurnga. Ia mendoakan Hasim tetap sehat dan tetap amanah, jika terpilih menjadi Bupati Simalungun.

“Terimakasih kepada Bang Hasim yang telah datang berziarah. Semoga sehat-sehat selalu dan kalau nantinya menjadi pemimpin, selalu amanah,” katanya.

Usai ziarah, Hasim membagikan  makanan dan tali asih kepada anak-anak yang ada di kampung tersebut.

Sang Madjadi Sinaga adalah Raja dari Kerajaan Tanah Jawa periode 1919-1940. Sang Madjadi Sinaga adalah raja ke-10, menggantikan Tuan Djintar yang meninggal dunia tahun 1917 dalam pengasingan di Medan.

Tahun 1940, Kerajaan Tanah Jawa di bawah pimpinan Tuang Sang Madjadi mendapat penghargaan dari pemerintah Hindia Belanda berupa Tongkat Pusaka Kerajaan yang dibalut emas serta Payung Kebesaran berwarna kuning keemasan atas prestasi beliau di dalam memajukan Kerajaan Tanah Jawa.

Di tahun yang sama, tidak begitu lama setelah menerima tanda  penghargaan  dari Pemerintah  Belanda, dia   wafat. Berita wafatnya termaktub dalam majalah Pewarta Kerajaan tertanggal 15 Agustus 1940.

Jenazah Tuang Sang Madjadi dimakamkan tepat di belakang rumah bolon yang  terbakar hangus saat Revolusi Sosial tahun 1946.  Saat ini bekas rumah bolon tersebut berdasarkan musyawarah keluarga, telah diwakafkan dan dijadikan Masjid Jamik yang letaknya berada di Kampung Dalam dekat Pekan Tanah Jawa.(rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button