Berita

Bandara Sibisa Kembali Operasi: Penerbangan Tiap Jumat

TOBASA, FaseBerita.ID – Bandar Udara (bandara) Sibisa resmi kembali beroperasi, untuk mempermudah akses ke kawasan wisata Danau Toba.

Penerbangan dilakukan maskapai Aviastar Airlines, dengan rute dari Bandara Binaka-Gunung Sitoli ke Bandara Sibisa, sekali seminggu. Penerbangan perdana dimulai Jumat (12/4).

“Alhamdullilah tadi (kemarin, Red) sudah dilakukan penerbangan perdana. Nanti penerbangan dengan maskapai Aviastar akan dilakukan sekali sepekan, yakni pada hari Jumat saja,” ungkap Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, kepada Sumut Pos, Jumat (12/4) petang.

Bandara Sibisa berada di Desa Pardamean, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Bandara dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dengan panjang landasan mencapai 1.200 kali 30 meter, dari semula hanya 750 kali 23 meter.

Adapun PT Aviastar Mandiri yang mengoperasikan pesawat Aviastar, adalah maskapai penerbangan domestik berjadwal yang berbasis di Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia.

Bandara Sibisa juga akan melayani penerbangan untuk jet pribadi dan pesawat carteran. Kapasitas daya tampung bandara saat ini mencapai 100 orang.

Dengan kembali beroperasinya Bandara Sibisa, menurut Arie, membuat akses menuju Kawasan Danau Toba semakin dekat.

“Saat ini pengelolaan Bandara Sibisa dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan Udara. Kita berharap semakin banyak penerbangan yang akan masuk ke sini. Kita yakin pariwisata Danau Toba akan terus berkembang,” sebut Arie.

Bandara Sibisa cukup dekat dengan Kota Parapat. Hanya 20 menit lewat perjalanan darat. “Akses masuk dari jalan lintas juga sudah sangat mulus dan lebar,” jelas Arie.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button