Berita

Bandar Sabu Ditembak BNN Siantar: Sudah Lama Jadi Target

FaseBerita.ID – Dede Andriandi alias Dede (41), seorang bandar sabu di Kota Pematangsiantar akhirnya menyerah setelah timah panas mengenai kaki kirinya.

Dede, pria yang ditembak petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Siantar itu merupakan seorang bandar sabu. Bahkan, ia sudah lama masuk dalam target operasi petugas.

“Tersangka ini sudah lama menjadi target kita dan menurut informasi memang dia baru keluar dari penjara. Setelah keluar, tersangka sudah menjadi pantauan kita. Ternyata benar, dia masih melakukan kegiatan yang sama (jadi bandar sabu),” ujar Kepala Seksi Berantas BNN, Kompol Pierson Ketaren dalam pemaparan kasusnya di Kantor BNN, Jumat (14/8/2020).

Tersangka ditangkap di Jalan Uisgara, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, Kamis (13/8). Saat ditangkap ia berupaya kabur sehingga ditembak petugas BNN.

Dalam pemaparan kasusnya, Kompol Pierson menyampaikan pihaknya mengamankan barang bukti berupa sabu dari lokasi kejadian seberat 29,87 gram.

“Kemudian 1 unit Hp merk Oppo, 1 unit sepeda motor Yamaha RX King dengan nomor polisi BK 2250 NC dan 1 buah dompet yang berisi ATM BCA, ATM Mandiri, ATM Bank Sumut dan ATM Bank Muamalat,” ungkap Pierson.

Selanjutnya, petugas BNN mendatangi kediaman pelaku di Jalan Singosari Gang Salak, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat, untuk mencari barang bukti lainnnya.

Dari dalam rumah, petugas kembali menemukan barang bukti Narkoba jenis sabu dan ekstasi siap edar.

“Dari penggeledahan di dalam rumahnya, kita menemukan satu bungkus berwarna silver berisi pil extasi sebanyak 17 butir. Kemudian, dari dalam kotak kita temukan 6 paket sabu dengan berat bruto 1,33 gram yang dibungkus klip kecil,” terangnya.

Pihaknya menjerat tersangka Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” paparnya.

Pierson menambahkan, tersangka saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih, untuk mendapatkan perawatan medis.

Diketahui sebelumnya, Dede terpaksa dilumpuhkan petugas lantaran berupaya kabur saat penangkapan.

Penembakan terhadap pelaku sempat menghebohkan warga sekitar Jalan Uisgara, Kecamatan Siantar Utara, tempatnya dibekuk. Warga yang mendengar suara letusan berbondong-bondong mendatangi lokasi kejadian. (ros/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button