Berita

Balon Kada Siantar-Simalungun Dukung Gagasan Universitas Negeri

FaseBerita.ID – Gagasan mendirikan universitas negeri di Kota Siantar atau di Kabupaten Simalungun mendapat dukungan dari bakal calon kepala daerah yang bakal maju pada Pilkada 2020.

Alpeda Sinaga, salah satu bakal calon walikota Siantar Pilkada 2020, Senin (14/10/2019) mengatakan, berdirinya universitas negeri akan membawa pertumbuhan positif bagi daerah di sekitarnya.

“Kita sangat setuju segera diusulkan pendirian universitas negeri di Siantar. Kota Siantar sudah dikenal sebagai kota pendidikan, maka sangat tepat ada universitas negeri,” kata Alpeda, yang sudah gencar mensosialisasikan diri akan maju pada Pilkada Siantar 2020.

“Secara otomatis akan meningkatkan perputaran ekonomi. Siantar bakal menjadi salah satu kota tujuan untuk melanjutkan pendidikan, tidak sekedar singkat atau transit lagi seperti yang terjadi selama ini,” kata Alpeda Sinaga.

Dijelaskan Alpeda, berdirinya universitas negeri akan diiringi dengan bertambahnya sumber daya manusia yang mumpuni di bidang pendidikan, bisnis, pariwisata, kuliner, perhotelan serta industry kreatif. SDM tersebut bisa saja yang didatangkan melalui para pendidik atau dosen, atau terlahir dan berkembang setelah belajar di kampus.

“Universitas negeri itu menjadi dambaan semua orang. Ini harus didukung dan peluangnya ditangkap pemerintah, agar segera direalisasikan. Dengan itu, kita berharap Siantar akan lebih baik,” katanya.

Sementara Jufriaman Saragih, bakal calon bupati Simalungun yang sudah mendaftar ke PDI Perjuangan, mengatakan sarana pendidikan yang berkualitas dan terjangkau merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

“Kita sangat berharap instansi terkait dalam hal ini pemerintah di daerah segera menangkap peluang ini. Kami yakin akan banyak pihak yang siap membantu pemerintah melalui panitia untuk menyiapkan syarat yang dibutuhkan dalam mendirikan universitas negeri,” kata Jufriaman Saragih.

Selain menyiapkan syarat utama di daerah, lanjut Jufriaman, jalur politik melalui politisi juga harus dilakukan untuk mendorong pemerintah pusat melalui kementrian terkait, segera mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Keinginan untuk adanya universitas negeri merupakan keinginan bersama untuk mendapatkan kesejahteraan rakyat di bidang pendidikan. Tentunya partai politik juga berkeinginan untuk mesejahterakan rakyatnya melalui sarana pendidikan. Kita berharap ini segera terwujud,” kata Jufriaman Saragih.

Ditambahkan Jufriaman, dirinya sudah membayangkan siswa-siswa di Kabupaten Simalungun, kuliah di universitas negeri tanpa harus membayar kontrakan rumah, dan bayar makan.

“Kalau kita bisa tinggal di rumah orangtua sambil kuliah, tentunya akan semakin banyak putra putri kita yang berkesempatan kuliah. Kesulitan kebanyakan orangtua menguliahkan anak adalah tingginya biaya hidup di luar daerah,” katanya.

Sebelumnya tiga anggota DPRD Sumatera Utara Periode 2019-2024 sudah menyatakan dukungannya untuk gagasan pendirian universitas negeri di Siantar.

Gusmiyadi, Mangapul Purba dan Iskandar Sinaga sepakat akan mendorong gagasan ini menjadi kenyataan. (esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button