Berita

Bakar Hutan, Buruh Harian Ditangkap

TAPTENG, FaseBerita.ID – AS, warga Lingkungan 8 Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri, Tapanuli Tengah, ditangkap jajaran Polsek Pinangsori. AS yang merupakan buruh harian itu ditangkap karena ketahuan membakar hutan.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat melalui Kapolsek Pinangsori AKP Sugino ketika dikonfirmasi, Kamis (3/10/2019) menyebutkan, penangkapan AS bermula dengan adanya laporan masyarakat bahwasanya di Lingkungan 10, Kelurahan Hutabalang ada peristiwa kebakaran hutan. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti pihak kepolisian dengan mendatangi lokasi kebakaran.

“Setalah sampai di TKP, kita berupaya memadamkan api bersama dengan masyarakat. Dari hasil penyelidikan di lapangan, titik api berasal dari lahan milik Efendi Manalu,” kata AKP Sugino.

Setelah melakukan penyelidikan lanjut, sambung Sugino, didapat informasi bahwa yang membakar hutan tersebut adalah seorang pria berinisial AS, warga Lingkungan 8 Kelurahan Hutabalang.

“Setelah memeriksa 5 saksi, diketahui bahwa kebakaran hutan tersebut berawal dari kebun milik Efendi Manalu, yang saat itu dikerjakan oleh AS dalam proses menebang dan memotong,” jelasnya.

Berikutnya timpal Sugino, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan keberadaan AS yang saat dimintai keterangan mengakui perbuatannya melakukan pembakaran tersebut. Akibat perbuatan pelaku, kebun karet masyarakat sekitar juga turut terbakar. “Kerugiannya bervariasi. Ada yang Rp20 juta dan ada Rp1 juta,” timpal Sugino.

Sugino juga menegaskan jika tersangka mengaku sengaja membakar lahan untuk mempercepat kerjanya. “Karena langkah yang dilakukan AS berpotensi mendatangkan bahaya bagi orang lain atau barang, kita tetapkan pelaku sebagai tersangka,” pungkasnya. (ztm)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close