Berita

Ayo, Kenali Kanker dan Deteksi sejak Dini!

Peringatan Hari Kanker se-Dunia di Pematangsiantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kanker masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Karenanya, jangan sampai pasien kanker baru datang ke rumah sakit dalam kondisi stadium lanjut, sehingga memerlukan biaya pengobatan yang sangat besar, namun hasil pengobatannya tidak memuaskan.

Di hari Kanker se-Dunia tanggal 4 Februari, di Kota Pematangsiantar, diperingati dengan mengajak warga mengenali kanker dan mendeteksinya sejak dini.

Ajakan melalui pembagian brosur tersebut digelar di depan kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Jalan Sutomo Pematangsiantar, Selasa (4/2) pagi.

Sejumlah pegawai Dinkes dan dari beberapa rumah sakit yang ada di Pematangsiantar bergabung dan membagi-bagikan brosur kepada pengguna jalan raya.

Sebelumnya, kegiatan diawali pelepasan balon ke udara yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Pematangsiantar dr Ronald Saragih diwakili dr Erika Silitonga, didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih, dr Susanti SpOg.

Kepala Koordinator Peringatan Hari Kanker se-Dunia Elly Soraya Sembiring dari Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Medan, mengatakan, selain dari Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Medan dan Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) Murni Sadar Pematangsiantar, kegiatan diikuti pegawai dan tim medis dari RSUD dr Djasamen Saragih, RS Vita Insani, RS Tentara, RS Tiara, RS Horas Insani, dan RS Harapan.

Menurut Elly, dalam kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun mulai 2015 ini, mereka membagi-bagikan brosur tentang kanker, sosialisasi pentingnya pemeriksaan dini kanker, dan pelepasan balon.

Elly menambahkan, mereka mengajak warga untuk mengenali gejala penyakit kanker, dan melakukan deteksi dini.

“Misalnya untuk kanker payudara. Para wanita, jika merasakan ada sedikit benjolan saja, jangan anggap sepele. Sebaiknya segera diperiksakan agar segera bisa ditangani pengobatannya. Jangan sampai setelah stadium lanjut, baru ke rumah sakit,” ajak Elly.

Sedangkan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih, dr Susanti SpOg kepada METRO menerangkan, peringatan Hari Kanker se-Dunia digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit kanker.

Jika penyakit kanker bisa terdeteksi sejak dini, maka pengobatan bisa cepat dilakukan.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga untuk menyosialisasikan untuk mencegah penyakit kanker.

“Mari hidup sehat dengan pola makan yang sehat dan istirahat seimbang,” imbaunya. (awa/fi)



Unefa

Pascasarjana
Back to top button