Berita

Ayo Cegah Stunting

PALUTA, FaseBerita.ID – Demi menyukseskan program pemerintah pusat tentang kategori pencegahan stunting, Ketua TP PKK Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap mengajak semua masyarakat yang ada di Desa Hutabaru Nangka, Kecamatan Halongonan Timur untuk serius dalam mencegah stunting.

Seperti yang diketahui bersama, stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

“Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, perkembangan otak yang tidak maksimal yang dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk,” kata Ny Ade, Rabu (29/1).

Kepada seluruh masyarakat yang hadir, Ny Ade menyampaikan ucapan terima kasih atas kesiapan dan kemauan yang kuat dari ibu-ibu pengurus PKK desa dalam hal mensukseskan pencegahan stunting.

Ny Ade berharap agar kiranya para pengurus PKK Desa Hutabaru Nangka dapat lebih berkonsentrasi dalam rangka mensukseskan program dari pemerintah pusat ini agar terlaksananya program yang memprioritaskan hal pencegahan stunting di desa tersebut.

Sementara Camat Halongonan Timur Muzni Lelo Halomoan Harahap mengatakan bahwa program daerah tanpa Buang Air Besar Sembarangan (BABs) di wilayah Kecamatan Halongonan Timur telah terlaksana dengan baik.

Suksesnya program itu diharapkannya sebagai pedoman bagi seluruh pengurus PKK Kecamatan Halongonan Timur dan seluruh desa untuk bisa mensukseskan program pencegahan stunting diwilayah kecamatan yang ia pimpin. (ais)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close