Berita

Atap Rumah di Sitalasari Kota Siantar Rusak Ditimpa Pohon

FaseBerita.ID – Muslim (45) warga Jalan Handayani Gang Sekata, Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, berharap bantuan setelah rumahnya tertimpa pohon besar jenis Salam, Sabtu (4/4) siang pukul 12.40 WIB.

Ditemui di depan rumah miliknya yang sudah ambruk itu, Muslim mengatakan, saat kejadian, Jumat (3/4) malam sekira pukul 17.00 WIB, dia yang keseharian bekerja sebagai buruh bangunan tersebut sedang di rumah bersama keluarganya.

Tiba-tiba, ada angin kencang dibarengi hujan melanda hingga memakan waktu 1 jam. Mendadak satu buah pohon jenis salam berukuran besar yang sudah tua dan kering berdiri persis di belakang rumah miliknya roboh.

Beruntung, pohon setinggi 20 meter lebih dan berdiameter sekitar 80 centimeter itu, jatuh dan tersangkut di bagian tembok belakang rumah tersebut. Kaget dengan kejadian itu, Muslim dengan rasa takut langsung beranjak mematikan meteran listrik.

“Sekitar pukul 17.00 WIB malam kejadian itu. Kami semua kaget dan awalnya kami kira ada gempa. Pohonnya tersangkut di tembok belakang rumah. Karena tembok itu hanya setengah. Semua bagian atas atap rumah itu hancur total,” jelas Muslim sambil membereskan puing-puing rumah.

Akibatnya, sejumlah barang berharga miliknya hancur dan sebagian tak bisa digunakan lagi. Beruntung, dirinya bersama dengan keluarganya selamat dari insiden itu. Pantauan awak media ini, Muslim juga diberikan bantuan oleh tetangganya sendiri.

“Lemari dan beberapa barang lain hancur. Atap rumah hancur sebelah. Tapi, saya bersyukur lah, tak ada satupun keluarga saya ketimpa. Hanya saja, tangan saya yang pertama sempat tergores karena kena serpihan material dari atap rumah,” keluhnya.

Kini, Muslim bersama keluarga terpaksa menumpang ke rumah tetangganya. Muslim bersama istrinya dan ketiga anaknya sangat berharap ada uluran tangan dari instansi untuk membantu merenovasi rumah miliknya.

“Ya, kita rakyat kecil dan penghasilan yang tak seberapa ini sangat-sangat berharap ada bantuan dari pemerintah setempat dan instansi-instansi terkait. Itu saja harapan saya, soalnya rumah saya hancur dan sekarang ini hanya menumpang di rumah tetangga. Bantuan sangat saya harapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Jaya Kesuma sebagai Lurah Bahkapul. Ketika ditemui awak media ini dilokasi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPNP Kota Siantar. Bahkan dirinya juga mengatakan, saat ini pohon tumbang itu sedang di evakuasi.

“Kita sudah dapat infonya lebih dulu, makannya kita data agar dapat bantuan. Terus, anggota BPNP yang kita kontak tiba dan saat ini sedang bekerja mencincangi pohon agar bisa di bersihkan. Warga sini juga minta tolong tadi, pohon kelapa tua persis didekat yang tumbang minta di singsokan,” katanya singkat. (Mag-03)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button