Berita

Asner Kagum Lihat Murid Kelas 1 SD Hafal Teks Pancasila

FaseBerita.ID – Kamis (10/9) sore, ada suasana berbeda di kediaman Asner Silalahi. Sejumlah siswa berprestasi yang berasal dari Kelurahan Martimbang, Siantar Selatan, berkumpul dan bertatap muka dengan Asner Silalahi.

Pertemuan itu digelar untuk memotivasi anak-anak Kelurahan Martimbang agar senantiasa tetap rajin belajar di masa Pandemi Covid-19 ini. Mereka yang datang adalah terkhusus yang meraih juara 1,2 dan 3 di sekolah masing-masing mulai dari tingkat SD sampai SMA dan totalnya berjumlah 27 orang.

Selaku putra Kelurahan Timbang Galung, Asner Silalahi mengaku senang bisa bertemu dengan siswa berprestasi yang berasal dari kampungnya.

“Sebagai anak Kelurahan Martimbang yang sudah puluhan tahun merantau, ingin sekali menyapa anak-anak sekalian. Dan saya senang kalau anak-anak Kelurahan Martimbang pintar-pintar semua,” ujar Asner Silalahi.

Asner pun kemudian menyemangati anak-anak agar tetap rajin belajar yang walapun saat ini terbatas karena melalui Daring. Walaupun belajar dari rumah, diminta kepada anak-anak agar tetap rajin membaca buku supaya bisa menjadi orang yang sukses nantinya.

Hal yang sama dikatakan Istri Asner Silalahi, Juliati br Sihombing supaya anak-anak yang belajar di rumah tidak banyak main-main.

“Tetap semangat ya. Jadilah anak-anak yang pintar agar menjadi kebanggaan bagi orang tua dan juga Kelurahan Martimbang. Kalau sudah meraih juara 3 maka ke depan harus bisa juara 2. Begitu juga yang mendapat juara 2 harus bisa menjadi juara 1. Harus tetap berpacu bejalar ya,” pesan Juliat br Sihombing sembari memberikan bingkisan sebagai bentuk apresiasi untuk mendorong semangat anak-anak.

Sementara itu, mewakili orangtua N Sidabalok berterimakasih kepada keluarga Asner Silalahi yang senantiasa memperhatikan anak-anak Kelurahan Martimbang.

“Semoga Tuhan tetap memberikan kesehatan, rezeki dan tercapai cita-cita keluarga Bapak Asner Silalahi,” ujar N Sidabalok.

Setelah menyampaikan kata sambutan, Asner Silalahi kemudian menghidupkan suasana semakin ceria dengan memberikan sejumlah pertanyaan pelajaran sekolah yang disambut antusias anak-anak. Mereka pun berebutan memberikan jawaban.

Asner Silalahi meminta khusus kepada anak-anak yang masih SD agar maju ke depan kalau bisa membacakan teks pancasila. Lalu seorang anak bermarga Silaen yang masih kelas 1 SD dengan lancar membacakan teks Pancasila dan diikuti orang tua siswa layaknya seperti suasana di upacara nasional.

Si anak tersebut pun dengan lancar menyampaikan teks Pancasila dengan lancar dan tepat tanpa ada salah sedikit pun sehingga membuat Asner Silalahi kagum.

“Wah pintar benar kamu ya,” puji Asner dengan penuh haru.

Asner pun memberikan tantangan lagi, bagi siapa yang bisa membacakan isi Teks Proklamasi agar maju ke depan. Lalu seorang siswi SMA dengan lancar berpidato isi teks Proklamasi. Tak mau habis kamus, Asner kembali memberikan tantangan yang bisa menyebutkan isi Sumpah Pemuda. Lalu siswa yang masih kelas 1 SMP langsung angkat tangan dan maju ke depan. Isi Sumpah Pemuda itu pun disampaikan dengan lancar hingga membuat para yang hadir kagum dan bangga.

“Jujur, saya sangat bangga dan terharu atas kepintaran kalian. Pertahankan dan belajarlah yang giat ya. Saya yakin dan percaya, kalau kita rajin belajar maka apa yang kita impikan akan tercapai,” terang Asner Silalahi.

Pertemuan itu pun tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebelum duduk, mereka terlebih dulu mencuci tangan yang telah disediakan. Lalu memakai masker dan mengatur jarak.

Sebagaimana diketahui Asner merupakan tamatan SD Negeri 48 Pematangsiantar pada tahun 1973. SLTP Negeri 3 Pematangsiantar lulus yang tahun 1976 dan SMA Negeri 1 Pematangsiantar lulus tahun 1980.

Setelah tamat SMA, Asner Silalahi melanjutkan kuliah di Universitas Darma Agung Kota Medan dengan mengambil jurusan Teknik Sipil dan lulus tahun 1991.

Berbekal ilmu pengetahuan dan jenjang pendidikan, Asner Silalahi akhirnya diangkat menjadi PNS di Kementerian PUPR dan ditempatkan di wilayah Papua. Walaupun sudah PNS, Asner Silalahi terus menimba ilmu pendidikan. Di sela-sela waktunya, Asner Silalahi melanjutkan kuliah program S2 di Institut Teknologi Sepuluh November Kota Surabaya dan lulus tahun 2013. (pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button