Berita

Asahan Luncurkan Aplikasi Pintar Pemberitahuan Pajak

KISARAN, FaseBerita.ID –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) meluncurkan aplikasi pintar berbasis teknologi informasi sistim smart online, yang bisa mempermudah masyarakat untuk mengetahui tagihan pajak.

“Dengan adanya Smart Pajak Online ini kami harapkan masyarakat semakin cepat dan mudah mendapat informasi dalam melaporkan pajak,” kata Kepala Bapenda Asahan, H Mahendra, Kamis (21/3), saat mensosialisasikan smart pajak online kepada sejumlah pengusaha, di Ruang Mawar Kantor Bupati Asahan.

Program ini merupakan aplikasi layanan pajak daerah berbasis teknologi informasi, yang di dalamnya terdapat fitur mempermudah wajib pajak dalam mengampaikan surat pemberitahuan tagihan pajak daerah ( SPTPD). Dengan adanya smart pajak ini, Mahendra menjelaskan, masyarakat dapat mengetahui secara langsung jumlah pemasukan pajak daerah dari sektor pajak yang diterima masyarakat maupun yang akan dibayar.

Baca: Nunggak Pajak, Pengusaha Burung Walet akan Ditindak

Aplikasi smart pajak merupakan satu database sistem yang dimiliki pihak Bapenda Kabupaten Asahan. Smart pajak online yang diluncurkan memberikan informasi terkait dengan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), PBB, serta pajak daerah secara realtime kepada seluruh masyarakat atau wajib pajak yang telah berpartisipasi dalam membayar pajak.

Mahendra berharap dengan adanya smart pajak online dapat memotivasi wajib pajak dengan membayar pajak tepat pada waktunya. Dan dengan aplikasi ini, diharapkan bisa meningkatkan penerimaan pajak daerah.

“Dengan program ini wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor cukup dengan membuka jaringan internet dan mengetik smartpajak.asahan.go.id,” ujar Mahendra. (per/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button