Berita

Arsitek RS Khusus Virus Korona di Tiongkok Ternyata Lahir di Indonesia

FaseBerita.ID – Perjuangan Tiongkok luar biasa keras dalam menangani wabah virus Korona jenis baru asal Wuhan, Provinsi Hubei. Bahkan rumah sakit yang dibangun khusus untuk menampung pasien virus Korona bisa rampung hanya dalam waktu 10 hari. Dan tahukah, arsitek rumah sakit itu ternyata lahir di Indonesia.

Namanya Prof Huang Xiqiu. Dia adalah arsitek perancang Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan. Usianya 79 tahun. Dan keberhasilannya sebagai arsistek rumah sakit ‘super cepat’ itu diapresiasi netizen Indonesia karena lahir di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying’s mengucapkan terima kasih atas perhatian warga Indonesia terkait asal usul sang arsitek. Bahkan sang profesor lahir di ibukota negara, Jakarta.

“Prof Huang lahir di Indonesia dan Jakarta. Lalu dibesarkan di Tiongkok,” kata Hua Chunying’s kepada wartawan dalam keterangan tertulis baru-baru ini.

Sang arsitek memang spesialis arsitektur medis dan telah membuat kontribusi penting untuk pertempuran melawan SARS dan epidemi wabah virus Korona. Dan Prof. Huang ternyata masih ingat kenangan kota lahirnya.

“Terima kasih karena memperhatikan detail ini. Dan kami percaya bahwa Tuan Huang juga menyimpan kenangan indahnya tentang tempat lahirnya. Kami berharap persahabatan Tiongkok-Indonesia akan semakin dalam,” jelasnya.

Dilansir dari CNN, Minggu (9/2), Rumah Sakit Huoshenshan seluas 366 ribu metet persegi mulai menerima pasien pertamanya pekan lalu. Pihak berwenang berharap rumah sakit yang dibangun dapat membantu meringankan tekanan pada sistem perawatan kesehatan di Wuhan, sambil mengendalikan penyebaran virus. Skala dan kecepatan konstruksi dibantu oleh ribuan pekerja yang bekerja sepanjang malam. (JP)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button