Berita

Arifin Sihombing: Berdirinya Universitas Negeri, Otomatis Meningkatkan PAD Siantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Keinginan banyak masyarakat di Siantar dan Kabupaten Simalungun akan kehadiran universitas negeri di Siantar, harus ditanggapi pemerintah secara serius dan cepat.

Pendidikan berkualitas dan murah sudah menjadi impian lama masyarakat Siantar dan Kabupaten Simalungun.

“Ini saat tepat untuk Walikota Siantar Hefriansyah mewujudkan visi misi di bidang pendidikan. Peluang ada dan syarat utama yakni lahan juga ada. Kita akan dukung penuh Walikota untuk mengambil langkah mempersiapkan pengusulan pendirian universitas negeri di Siantar,” kata Arifin Sihombing, pemerhati di Kota Siantar, Sabtu (12/10/2019).

Menurut Arifin, berdirinya universitas negeri di sebuah kota, akan memberikan dampak positif yang besar untuk kota itu sendiri. Secara otomatis dosen, karyawan dan mahasiswa universitas, menjadi penduduk baru yang langsung akan mempengaruhi peningkatan perputaran ekonomi. Meningkatkan pendapatan asli daerah. Selain akan mendorong tumbuhnya bisnis rumah makan, kos-kosan, serta perumahan, kehadiran universitas negeri akan mengangkat marwah daerah.

“Ada lahan 573 hektare di Tanjung Pinggir, tentunya jika dilepas untuk kepentingan pendidikan tinggi, semua pihak akan setuju termasuk pemerintah pusat. Kita berharap ini segera menjadi kenyataan. Walikota Siantar harus mengambil kesempatan itu, menjadi leader untuk mewujudkan mimpi Anak Siantar atas universitas negeri,” kata Arifin.

Dijelaskan Arifin, pendirian universitas negeri di Siantar ini harus dicantumkan dalam RPJMD Kota Siantar. DPRD dan Pemko Siantar harus satu visi untuk mewujudkannya.

“Peluang untuk pendirian universitas negeri baru di Sumatera Utara sangat besar. Pasalnya perguruan tinggi negeri di Sumut masih minim, jika provinsi lain yang penduduknya lebih sedikit. Bahkan di Aceh yang lebih kecil, ada 5 universitas negeri,”katanya.

Baca juga: DPRDSU Dukung Pendirian Universitas Negeri di Siantar: Hefriansyah Diminta Ambil Peluang

Dipastikan, dengan kehadiran universitas negeri di Siantar, akan menambahkan peluang serta keinginan pelajar di Siantar, Simalungun dan bahkan Batubara dan Asahan serta kabupaten/kota yang bertetangga dengan Siantar untuk mengecap perguruan tinggi.

Bukan Ancaman Universitas Swasta

Berdirinya universitas negeri di Siantar, dipastikan tidak akan menjadi ancaman atas keberadaan universitas swasta yang juga berkembang di Siantar. Mahasiswa universitas negeri, bukan secara otomatis warga Siantar – Simalungun, namun juga dari berbagai daerah di luar kota dan provinsi.

“Keuntungannya malah akan menjadi daya tarik calon mahasiswa dari luar daerah untuk kuliah di Siantar, karena nama universitas negeri secara otomatis mengangkat marwah umiversitas swasta di sekitar. Terbukti dengan kota-kota yang ada universitas negeri, universitas swastanya juga berkembang,” katanya. (esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button