Berita

Aplikasi Cerdas dari Asahan Terima Penghargaan

ASAHAN, FaseBerita.ID – Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan atas pengembangan aplikasi cerdas layanan terpadu untuk public (siCANTIK) yang menjadi terbaik ke dua.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Asahan H Surya di Jakarta pada Senin (4/11/2019) oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Jonny G Plate. SiCantik adalah aplikasi milik Pemkab Asahan yang bertujuan untuk menyederhanakan dan mempermudah urusan perizinan masyarakat.

Sehingga demi mempercepat layanan perizinan yang akuntabel dan transparan, pemerintah pusat mendorong seluruh Pemkab/Pemko se-Indonesia untuk memanfaatkan penggunaan aplikasi tersebut.

Bupati Asahan Surya mengatakan keberhasilan ini berkat keseriusan aparatur Pemkab Asahan dalam menerapkan aplikasi siCANTIK.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras mewujudkan penerapan aplikasi siCANTIK di Kabupaten Asahan, sehingga mendapat pengharagaan sebagai Inovator terbaik kedua,” kata Surya, melalui Kadis Kominfo Asahan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/11/2019).

Ia pun menyebutkan penghargaan ini bisa menjadi cambuk bagi aparaturnya untuk terus berkreasi dan berinovasi di bidang pelayanan masyarakat.

“Diharapkan dengan penghargaan ini membuat pengurusan perizinan di Kabupaten Asahan semakin lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel dan terintegrasi,” sebutnya.

Sementara itu, pengoperasian aplikasi siCANTIK menggunakan sistem cloud berbasis website dan teritegrasi dengan Online Single Submission (OSS) yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis untuk perizinan berusaha maupun layanan lainnya. Di Kabupaten Asahan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang menerapkan sistem aplikasi tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyebutkan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-Goverment) merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan Gerakan menuju 100 Smart City.

“Disamping itu wadah dalam menunjukkan dan memunculkan kekhasan daerah sebagai daya tarik dengan menawarkan kearifan lokal tiap daerah, tidak sekedar mengikuti trend yang ada,” ucapnya. (per/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close