Berita

Anggota DPRD Simalungun Dilantik Pakai Gotong dan Bulang

Dipimpin Timbul Sibarani dan Samrin Girsang

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Pelantikan 50 anggota DPRD Simalungun, Rabu (25/9/2019) mendatang, dilaksanakan dengan prosesi adat Simalungan.

Bakal ada acara maranggir (membersihkan diri) di pancur yang sengaja dibuat di komplek gedung DPRD, dan seluruh anggota DPRD terpilih akan menggunakan pakaian kebesaran adat, yakni Gotong untuk pria dan Bulang untuk wanita. Acara pelantikan akan dimulai sekira pukul 08.00 WIB.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Simalungun, Sahat M L Simangunsong saat diwawancarai di ruang kerjanya, Pamatang Raya, Jumat (20/9/2019) sekira pukul 16.00 WIB mengatakan, prosesi dan pemakaian pakaian adat Simalungun sudah diatur dalam tata tertib dewan.

“Diwajibkan memakai pakaian Simalungun, suami-istri lengkap dengan gotong dan bulang. Pokoknya indahlah nanti kita lihat,”ujarnya.

Terkait persiapan pelantikan, Sahat menjelaskan persiapan untuk acara pengambilan sumpah janji anggota Dewan itu, sudah mencapai lebih kurang dari 80 persen.

“Hari Senin kita melakukan gladi bersih bersama Pemangku Adat Simalungun yaitu Partuha Maujana Simalungun (PMS) karena sebelum anggota DPRD dilantik, semua anggota dewan sebanyak 50 orang akan diberangkatkan oleh Ketua PMS melalui gedung badan anggaran,”katanya.

Menurut Sahat Simangunsong, kemudian anggota DPRD akan maranggir di pancuran yang akan dibuat nantinya di sekitaran DPRD dipandu oleh PMS, lalu memasuki ruangan rapat Paripurna.

“Kita akan buat pancuran di sekitar gedung DPRD ini untuk maranggir dipandu oleh PMS Simalungun dan langsung masuk ke ruangan Paripurna. Kemudian diumumkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Gubernur,” sebutnya.

Khusus tamu undangan yang akan duduk di dalam rapat paripurna, pihaknya akan mempersiapkan kursi dengan terbatas sekira 300 kursi untuk tamu undangan Muspida Plus, SKPD dan undangan, anggota dewan baru serta anggota dewan yang lama.

“Kalau undangan khusus untuk di dalam ruangan paripurna sudah berkisar 300 orang kalau di luar ini bisa saja hampir ribuan karena silahkan membawa keluarga 5 atau sepuluh orang karena kita siapkan 2 teratak di kiri-kanan Gedung Paripurna untuk masyarakat dan keluarga yang diundang,” terangnya.

Masih Sekwan menuturkan bahwa nantinya yang memimpin rapat yaitu pimpinan dewan sementara yakni Timbul Jaya Sibarani dari Golkar dan dari Partai PDIP, Samrin Girsang.

“Mereka berdualah nanti yang memimpin rapat pertama. Setelah dilantik kegiatan selanjutnya barulah menyusun alat-alat Kelengkapan DPRD seperti Ketua Fraksi dan Komisi-komisi,” pungkasnya. (mag-05)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker