Berita

Anggota DPRD Simalungun Dilantik: 50 Wakil Rakyat Terima Dayok Nabinatur dari JR Saragih

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Anggota DPRD Simalungun periode 2019-2024 yang berjumlah 50 orang telah dilantik di ruang rapat Paripurna DPRD, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun, Rabu (25/9/2019). Seluruh anggota DPRD yang dilantik tersebut menerima makanan khas Simalungun, Dayok Nabinatur dari Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih.

Bupati Simalungun JR Saragih mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik, dan mengajak mereka duduk bersama membangun di tano habonaron do bona.

“Selamat bergabung dan selamat membangun di tano habonaron do bona yang kita cintai ini. DPRD yang sudah berakhir masa jabatannya, kalian boleh meninggalkan DPRD ini, tapi pengabdian di tano habonaron do bona ini bukan hanya melalui DPRD. Bersatu kita teguh, bercerai kita kawin lagi,” canda JR Saragih.

JR Saragih juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu, kepolisian, kejaksaaan, dan Kodim 0207/Simalungun yang telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

“Khususnya KPU dan Bawaslu yang telah melakukan tugas sebaik-baiknya sehingga terpilihlah anggota DPRD yang baru saja dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Simalungun,” ujarnya.

JR Saragih pun mengharapkan komunikasi yang membangun untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Simalungun.

“Bagi kita yang diberikan Tuhan kesempatan duduk di gedung putih ini, mari kita bangun komunikasi bersama, karena kita itu milik masyarakat Simalungun. Kali ini saya ada pemberian 50 dayok nabinatur kepada 50 anggota DPRD yang baru dilantik supaya anggota DPRD tetap semangat melaksanakan tugasnya,” kata JR Saragih.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani saat mempimpin rapat didampingi Samrin Girsang menerangkan, setelah mengucapkan sumpah janji, setiap anggota DPRD sejak saat ini telah menjadi milik masyarakat Kabupaten Simalungun. Bukan lagi semata-mata milik kelompok atau daerah pemilihan masing-masing.

Baca juga: Dayok Nabinatur Kuliner Warisan Budaya Batak Simalungun

“Oleh sebab itu anggota DPRD sesuai sumpah atau janji yang diucapkan tadi, diminta lebih memerjuangkan aspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun sesuai nilai-nilai demokrasi dan keadilan, damai, dan sejahtera. Karena apa yang telah diamanatkan merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya,” terangnya.

Dayok Nabinatur diberikan oleh JR Saragih kepada para Anggota DPRD Simalungun yang baru.

Timbul menjelaskan, sesuai Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, disebutkan DPRD memiliki fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Dalam pelaksanaannya, DPRD bekerja sama dengan eksekutif dan berjuang bersama untuk kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Simalungun.

“Sebagai Pimpinan Sementara DPRD, kepada anggota DPRD yang baru saya ucapkan selamat dilantik. Kiranya dapat bekerja maksimal sesuai fungsi legislatif tanpa mencederai kemitraan dalam membangun Simalungun pada masa yang akan datang,” harapnya.

Pihaknya mengharapkan dukungan moril baik dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, insan pers, LSM, dan tokoh agama agar DPRD dapat termotivasi dalam mengemban tugas yang diamanatkan.

“Khusus kepada rekan-rekan media dan LSM, kami mengharapkan dukungan moril. Sebab dukungan itu dapat memotivasi kami dalam mengemban tugas yang diamanatkan. Kami juga berterima kasih bila ditegur atas kesalahan yang sangat mungkin terjadi dalam melaksakan tugas. Marilah kita saling mengingatkan dengan penuh etika persahabatan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat Kabupaten Simalungun,” tambahnya.

Ketua DPRD Simalungun periode 2014-2015 Johalim Purba setelah menyerahkan jabatannya kepada Timbul Jaya Sibarani, mengaku tak terasa ia sudah 10 tahun bertugas di DPRD Simalungun. DI antaranya, selama lima tahun menjabat Ketua DPRD.

“Selama 10 tahun saya di DPRD Simalungun, saya belum memberikan apa-apa kepada Kabupaten Simalungun. Mudah-mudah anggota DPRD yang sudah dilantik selalulah untuk koreksi diri bahwa yang Anda lakukan itu sebenarnya belum apa-apa, dibandingkan apa yang telah Anda janjikan sebagai bahan kampanye untuk meraih suara,” katanya.

Sesuai pengalamannya, Johalim menyampaikan keberhasilan anggota dewan melaksanakan tugasnya tergantung kepada mampu tidaknya pasangan, terutama istri menahan diri untuk tidak mengganggu melalui telepon.

“Kalau istri sudah paham bahwa suami tidak boleh ditelepon kalau lagi tugas, maka Anda enjoy sekali menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,” tutupnya sembari menerima tepuk tangan dari para hadirin. (mag-05)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker