Berita

Anggota DPRD Protes Bazar di Seputaran Adam Malik: “Keterlaluan, Trotoar kok untuk Jualan!”

SIANTAR, FaseBerita.ID – Berdirinya sejumlah stan di seputaran Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar sejak beberapa hari lalu diprotes. Sebab fungsi trotoar sebagai tempat pejalan kaki sudah diabaikan akibat adanya stan-stan tersebut.

Protes disampaikan anggota DPRD Pematangsiantar Franky Boy Saragih, Senin (4/11/2019). Menurut politisi Partai NasDem ini, fungsi trotoar untuk pejalan kaki sesuai Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Franki mengaku heran dengan Pemko Pematangsiantar yang membiarkan trotoar dijadikan lokasi untuk menggelar dagangan

“Kita tanyakan dulu kegiatannya apa? Karena menurut Perda, kegiatan yang bisa dilakukan di Lapangan Adam Malik itu berupa kegiatan kenegaraan, keagamaan, kesenian, dan adat. Baru kita tanyakan masalah izinnya. Kalau memang tidak ada izinnya, ya harus dibongkar karena itu kan menganggu kepentinganan umum,” tegasnya.

“Sudah keterlaluanlah Pemerintah Kota (Pemko) Siantar ini, membiarkan trotoar seputaran Lapangan H Adam Malik menjadi tempat berjualan! Kalau ada masyarakat pejalan kaki yang kenak tabrak, apakah Pemko Siantar atau panitia mau bertanggung jawab? Jadi kita berharap kepada walikota dan Kapolres Siantar melakukan tindakan,” ujarnya

Sementara itu, Dedi Damanik mahasiswa dalah satu perguruan tinggi di Pematangsiantar mengatakan, adanya stan di sepanjang trotoar sangatlah mengganggu, bahkan mengancam keselamatan pejalan kaki. Sebab, pejalan kaki harus berjalan di badan jalan.

“Tidak itu saja, pemasangan stan itu sangatlah mengganggu arus lalu-lintas karena mengakibatkan terjadinya kemacetan, terlebih lagi di persimpangan Jalan Adam Malik dan Jalan MH Sitorus, mulai pagi hingga malam hari,” sebutnya.

Terpisah, Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pematangsiantar Mardiana mengaku pihaknya belum ada menerbitkan izin untuk kegiatan tersebut.

“Saya menegaskan sampai hari ini, Senin (4/11/2019) saya tidak ada mengeluarkan izin!” tegasnya.

Saat ditanyakan apakah izin kegiatan di Lapangan H Adam malik ada rekomendasi dari Dinas Pariwisata, Mardiana mengatakan sejauh ini pihaknya belum ada menerima rekomendasi dari Dinas Pariwisata. (mag-04)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close