Berita

Anggaran Pilkada Simalungun Belum Jelas

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Jumlah anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Simalungun belum jelas. Hingga Rabu (16/10/2019), Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) belum ditandatangani. Padahal tahapan Pilkada sudah dimulai sejak 1 Oktober lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun Raja Ahab Damanik, Rabu (16/10/2019) menuturkan pihaknya masih menunggu informasi dari Pemkab Simalungun.

“Sampai saat ini kitabelum ada dipanggil oleh Pemkab Simalungun untuk penandatangan NPHD. Kita masih menunggu informasi. Belum ada kejelasan, padahal tahapan Pilkada sudah dimulai. Jadinya terbengkalai untuk sementara waktu. Kita masih minta petunjuk sama KPU Provinsi Sumut bagaimana langkah selanjutnya,” tuturnya.

Hal senada diutarakan anggota Bawaslu Simalungun, Mulai Adil Saragih.

“Belum ada kejelasan sampai sekarang. Kita masih menunggu kabar. Mudah-mudahan anggaran yang kita minta dapat direalisasikan untuk pengawasan demi menghasilkan Pilkada tanpa ada pelanggaran,” sebutnya.

Bupati Simalungun JR Saragih melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Gidion Purba via telepon selulernya, menerangkan alasan NPHD belum ditandatangani.

“Belum kita tandatangani karena belum ada kesesuaian. Kita kan sudah ketok APBD Simalungun dan sedang dievaluasi Gubernur Sumatera Utara sekarang. Jadi sebelum ada hasil evaluasi, belum berani kita membuat perjanjiannya,” terangnya.

“Siapa tau gubernur nggak setuju. Jadi kita masih menunggu. Mungkin dalam waktu dekat ini, kalau sudah ada hasil evaluasi kami akan panggil KPU dan Bawaslu untuk penandatanganan NPHD,” terangnya.

Gidion menambahkan, minimnya anggaran untuk KPU dan Bawaslu Simalungun akibat keterbatasan anggaran.

“Minimnya APBD kita juga sebagai alasan. Karena yang diketok itu juga memang masih jauh dari yang mereka minta. Tapi yang pasti, kami belum berani bikin perjanjian sebelum ada hasil evaluasi. Setelah turun hasil evaluasi, baru sah menjadi Perda. Setelah menjadi Perda, baru kita bisa buat NPHD. Kira-kira begitu,” jelasnya. (mag-05/04)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button