Berita

Anggaran Pilkada 2020 Siantar: Bawaslu Tetap Minta Rp8,5 M, Pemko Bertahan Rp5 M

SIANTAR, FaseBerita.ID – Hingga akhir Oktober 2019, belum ada kesepakatan antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar terkait anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020.

Bawaslu tetap pada pendiriannya meminta Rp8,5 miliar, namun Pemko Pematangsiantar bertahan di angka Rp5 miliar.

Padahal kedua belah pihak sudah beberapa kali bertemu guna membahas anggaran tersebut. Bahkan masalah ini sudah sampai ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kemendagri pun sudah memanggil Pemko Pematangsiantar untuk hadir 29 Oktober, namun pihak Pemko Pematangsiantar tidak memenuhi panggilan tersebut.

Ketua Bawaslu Pematangsiantar Syafii Siregar, Rabu (30/10/2019) mengatakan, pembicaraan terakhir dengan Pemko Petangsiantar dilakukan Selasa (29/10/2019), namun tetap saja belum ada kesepakatan.

“Kemarin kita sudah rapat dengan Pemko Siantar, tetapi belum ada kesepakatan. Pemko masih bertahan di angka Rp5 miliar. Masih jauh dari yang kita minta, yaitu Rp8,5 miliar. Rapat juga dihadiri perwakilan Polres Siantar, Kodim 0207/Simalungun, sedangkan dari Pemko Siantar hanya dihadiri tim BPKAD. Sekda atau yang lain, tidak ada,” terangnya.

Syafii menambahkan, Rabu (30/10/2019) pihaknya berangkat ke kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) di Medan untuk membahas anggaran tersebut.

“Dengan tidak adanya kesepakatan dengan pihak Pemko Siantar, maka kami berangkat ke kantor gubernur untuk menemui Sekretaris Daerah Provinsi. Kita tunggulah hasil pembicaraan dan keputusannya dari provinsi,” tukasnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokoler Pemko Pematangsiantar Hamam Sholeh mengakui belum ada kesepakatan Bawaslu dengan Pemko Pematangsiantar terkait anggaran Pilkada 2020.

“Belum ada titik temu dengan Bawaslu. Kita lihat ajalah nanti,” ujarnya.

Saat disinggung tentang pemanggilan dari Kemendagri, Sholeh mengaku tidak mengetahuinya.

“Nantilah saya cek dulu. Belum ada saya lihat surat pemanggilan itu,” tandasnya. (mag-04)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button