Berita

Anak Rantau Kolang Pulang Kampung Gelar Lomba Perahu Tradisonal

FaseBerita.ID – Perkumpulan Anak Rantau Kolang atasu kerap disebut Punguan Kolang Nahumaliangna (PKN) se Jabodetabek, pulang kampung dan menggelar lomba perahu tradisional di Sungai Kolang, Kelurahan Hurlang, Kecamatan Kolang, Tapanuli Tengah, Jumat (27/12) lalu.

Lomba perahu yang digelar bertujuan menjalin hubungan persaudaraan seluruh masyarakat Kolang yang berada di kota perantauan dan yang berada di daerah Kolang. Disebutkan, kepulangan mereka ke kampung halaman sebagai wujud nyata, bahwasanya mereka tidak lupa kampung halaman.

Kolang merupakan tempat mereka besar dan dilahirkan hingga tumbuh menjadi dewasa, sehingga mampu bersaing hidup di negeri orang dengan harapan menjadi orang sukses dan dapat membanggakan nama kampung halaman.

Camat Kolang Saut Bona didampingi Kapolsek Kolang Iptu Tahir Lubis bersama panitia, melepas langsung perlombaan perahu tradisional yang diselenggarakan anak rantau itu. Perahu yang bisa mengikuti lomba adalah perahu kayu. Para peserta berlomba dengan melawan arus sungai. Sedangkan jarak tempuh yang harus dilewati kurang lebih 5.000 meter.

Perlombaan berjalan selama kurang lebih empat jam, mulai pukul 14.00 WIB. Sedangkan peserta yang mengikuti perlombaan berjumlah 42 orang dengan jumlah perahu 14. Artinya, pada masing-masing perahu diisi tiga peserta.

Perlombaan perahu tradisional ini pun cukup menyita perhatian masyarakat untuk menyaksikannya. Walapun cuaca sangat panas, namun hal itu tidak mengurangi semangat masyarakat untuk menyaksikan jalannya lomba.

Amatan wartawan koran ini, saking semaraknya, masyarakat yang menyaksikan perlombaan itu berjumlah ribuan orang. Suasana lomba sangat meriah. Teriakan warga pun membahana ketika para peserta berlomba melewati garis finis di jembatan Kolang.

Adapun yang meraih juara satu, adalah perahu nomor 10, juara dua diraih perahu 05 dan juara tiga nomor 13.

“Acara ini merupakan acara masyarakat yang diadakan oleh anak rantau yang pulang dari perantauan,” ungkap Camat Saut Bona.

Ia juga mengaku pihaknya sangat mendukung kegiatan positif tersebut. “Sebagaimana yang kita ketahui, mereka masih cinta dengan kampung halamannya. Dan saya selaku Camat Kolang bersama ASN kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan yang positif ini. Semoga nantinya akan dapat menimbulkan rasa cinta kampung halaman dan menjalin hubungan persaudaraan yang jauh lebih baik.” (tam)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close