HUT RI
Berita

Alumni SMTP Raya Dukung RHS Jadi Bupati Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Radiapo Hasiholan Sinaga, alumni Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) Pematang Raya tahun 1988, didukung penuh para alumni sekolah yang saat ini berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pematang Raya, untuk maju menjadi calon bupati Simalungun Pilkada serentak tahun 2020.

Ketua Alumni Nasional Freddy Panjaitan, mengatakan para alumni SMTP dan SMK Pertanian solid serta memiliki rasa kebersamaan yang kuat, tidak memandang latar belakang, suku, agama, ras serta partai pengusung. Alumni wajib didukung dan diperjuangkan untuk menang.

“Kami tentunya sangat bangga ada alumni yang maju menjadi kepala daerah. Kita berharap beliau memperjuangkan aspirasi bidang pertanian di Simalungun secara menyeluruh, tentunya tetap juga memperjuangkan aspirasi bidang lain yang tujuannya mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Menurut Freddy, sejak angkatan pertaman tahun 1984, lulusan SMTP/SMKP Raya sudah berjumlah belasan ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain konsen di bidang pertanian, banyak alumni yang berprofesi sebagai karyawan dan pimpinan perkebunan swasta dan BUMN, menjadi ASN, TNI, POLRI, serta berwiraswasta. Di Sumatera Utara sendiri, sedikitnya ada 2000 alumni yang tersebar di Kabupaten/Kota. Alumni serta kepengurusan tingkat provinsi juga ada di Provinsi Riau, Jambi dan Jakarta.

Dijelaskan Freddy, rasa solidaritas di kalangan alumni dibangun dengan cara berkomunikasi melalui jaringan grup Wa serta melakukan reuni.Direncanakan tahun 2020 dilaksanakan reuni akbar nasional.

Sepanjang ini sudah empat kali dilakukan reuni dengan bertemu langsung, terakhir dilaksanakan di Raya. Dalam reuni tahun terakhir, alumni menyumbang peralatan praktek, penghijauan, serta pembangunan gedung yang saat ini masih proses pembangunan dan direncanakan tahun ini dituntaskan.

Para alumni juga saling share informasi lowongan kerja baik di BUMN, dan swasta. Baik itu milik perorangan, perusaahaan terbatas, milik pribadi alumni atau milik perusaaan. Ada prioritas lulusan SMTP/SMKP dicarikan lowongan pekerjaan. Komunikasi dan silaturahmi dengan guru yang aktif serta yang pensiun tetap dijalin.

“Jika Bang Radiapo maju menjadi calon bupati, maka ikatan alumni akan aktif melakukan dukungan,” kata Freddy.

Kerjasama dengan ABC Bangun Pabrik di Simalungun

Walau masih berjuang untuk mendapatkan dukungan dari Partai Politik untuk maju di Pilkada Simalungun tahun 2020, Tim Radiapo Hasiholan Sinaga (RHS) sudah menjajaki kerjasama dengan pihak ABC, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan makanan, termasuk saos tomat.

Tim RHS sudah berangkat ke Jakarta untuk melakukan pembicaraan pendirian pabrik pengolahan tomat di Kabupaten Simalungun.

“Kita siapkan lahan dan bantuan perizinan di Kabupaten Simalungun. Pihak ABC kita yakinkan bahwa Simalungun merupakan lokasi yang tepat, karena bahan bakunya ada di Simalungun dan bisa didatangkan dari Kabupaten tetangga karena jaraknya cukup dekat,” katanya.

Dengan pendirian pabrik pengolahan tomat di Simalungun, kata RHS, maka akan terpangkas biaya transportasi dan terjadi pertambahan nilai pada tomat. Dengan kondisi saat ini, petani sering merugi karena harga produksi lebih besar dari harga jual. Secara otomatis lowongan kerja juga akan bertambah.

“Tentunya itu semua akan lebih baik, jika sarana transportasi jalan memadai,” katanya.

RHS melalui timnya, mengaku sudah memetakan status jalan di Simalungun, yang mulus, rusak sedang dan rusak parah. Dari data itu, diperoleh sekitar 1.600 Km jalan dalam keadaan rusak. Taksasi biaya yang dibutuhkan sekitar Rp2,4 Triliun.

“Ada beberapa sumber pendapatan yang dapat dimaksimalkan. Program kita terukur. Sumber pembiayaan jelas, bukan sekedar pencitraan,” katanya. (rel)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button