Berita

Aku Pahlawan Masa Kini

SIANTAR, FaseBerita.ID – Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar.

Pelaksanaan upacara dihadiri oleh ASN, TNI-Polri, OKP serta pelajar dan mahasiswa. Juga dihadiri unsur Forkopimda dan Veteran.

Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara dalam sambutannya yang dibacakan Walikota Siantar Hefriansyah mengucapkan puji syukur karena masyarakat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air bisa melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati hari Pahlawan 10 November, dengan khidmat.

“Setiap hari pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang dan pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” ujarnya.

“Dengan peringatan hari Pahlawan, kita diharapkan agar lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Sebagaimana ungkapan seorang the founding fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa bangsa yang besar menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar,” sambungnya.

Selain itu, peringatan hari Pahlawan akan bangkit dengan semangat berinovasi terhadap anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 adalah ‘Aku Pahlawan Masa Kini’.

“Menjandi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Republik Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” terangnya.

Setelah melaksanakan upacara, Hefriansyah beserta rombongan langsung menuju Makam Pahlawan untuk melanjutkan penaburan bunga.

Prosesi penaburan bunga diawali Hefriansyah dan diikuti rombongan seeta veteran. (Mag-04/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close