Berita

Aktivitas Tambang Pasir Ancam Keselamatan Lingkungan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Adanya aktivitas tambang pasir di aliran Sungai Aek Sibundong, Kecamatan Sorkam Kiri, Kabupaten Tapanuli Tengah mengundang resah banyak warga. Pasalnya, selain diyakini dapat merusak lingkungan juga mengancam keselamatan banyak warga.

Pantauan dilokasi, Selasa (8/10/2019) di Sungai Aek Sibundong, tampak sejumlah penambang pasir sedang melakukan aktivitas mengambil pasir dari dalam sungai. Pemandangan itu terlihat jelas dari atas jembatan yang menghubungkan antara Sorkam dan Barus yang berada di atas aliran Sungai Aek Sibundong. Lokasinya pun sangat berdekatan dengan bangunan jembatan yang sudah terlihat rusak.

“Kalau sekarang memang dampaknya belum terasa, tapi tanda-tanda kerusakan akibat aktivitas penggalian pasir itu sudah terlihat,” ungkap R Pasaribu (40) warga sekitar, sambil menunjuk ke arah bagian bawah bangunan jembatan yang tampak mulai rusak.

Tak hanya itu, ia juga khawatir, jika aktivitas penambang pasir terus menerus dilakukan akan berdampak terhadap lingkungan.

“Kalau terus-terus digali, bisa-bisa terjadi pengikisan dan mudah banjir. Irigasi dan tanggul air akan mudah hancur,” keluhnya.

Pasaribu mengaku aktivitas tersebut sudah berlangsung cukup lama, dan tidak ada tindakan dari pihak pemerintah setempat untuk melarangnya.

“Seharusnya dilarang pemerintah setempat dalam hal ini pihak kecamatan, tapi sampai saat ini terkesan dibiarkan. Jadi kita tinggal menunggu ada bencana saja,” tukasnya.

Ia berharap kepada pihak terkait untuk respon dan peduli melihat kondisi tersebut.

“Iya, saya mewakili warga yang ada di sini memohon kepada pemerintah dan pihak terkait agar memperhatikan masalah ini. Jangan hanya untuk kepentingan segelintir orang sampai mengorbankan keselamatan orang banyak,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Sorkam Kiri Boy Rahman Hasibuan saat berusaha dikonfirmasi langsung di kantornya, enggan memberikan keterangan. Bahkan pria yang kecamatan dipimpinannya itu mendapat penilaian terbaik juga tidak merespon saat dikonfirmasi kembali. (tam/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close