Berita

Aksi Peduli Anak Rantau Bangun Pane, Galang Bantuan Untuk Warga Terdampak Covid-19

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Kondisi masyarakat yang semakin memprihatinkan membuat hati perantau asal Nagori Bangun Pane, Kecamatan Dolok Masagal merasa prihatin. Mereka kemudian sepakat melakukan penggalangan dana untuk disalurkan ke daerah itu.

Ruang lingkup masyarakat terdampak wabah Covid-19 tidak lagi sebatas sosial, tetapi juga ekonomi dan psikologi. Terlebih warga yang berada di daerah positif (zona merah) yang benar-benar harus ekstra menjaga diri dan lingkungan, sehingga tidak dapat beraktivitas sebagaimana biasanya.

Menyadari hal itulah anak perantau melakukan penggalangan dana dan sudah dilakukan sejak seminggu belakangan. Hingga Jumat (10/4) dana yang terkumpul sudah mencapai Rp32 juta. Namun jumlah ini dinilai masih kurang  lantaran warga yang harus diberi bantuan berjumlah 300 KK.

“Ini aksi dadakan. Begitu dengar Nagori Bangun Pane diisolasi, kami merasa terpanggil. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi orangtua, saudara dan keluarga di sana,” kata Koordinator Aksi Peduli Bonar Sijabat SH (Siantar) diamini Koordinator lainnya Berton Purba ST (Batam), Jusman Silalahi (Batam), Liberson Sidauruk (Jakarta), Rolina Lingga SH (Jakarta), Hotman Sidauruk (Jakarta) dan lainnya.

Aksi ini disambut positif anak perantau dari Nagori Bangun Pane. Mereka langsung berpartisipasi, seperti yang tinggal di Jakarta, Batam, Riau, Jambi, Kalimantan, Pematangsiantar, Medan, Malaysia, Bogor dan Surabaya.

“Awalnya masalah ini kami bahas di grup WhatsApp (WA). Sebagai Putra-putri daerah, kami merasa prihatin. Masalah ini juga kami bicarakan dengan Pangulu Nagori Bangun Pane. Keputusannya kami akan membantu dan rencananya bantuan ini akan dibagikan kepada warga Bangun Pane dan Bangun Jaya,” ujarnya dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (10/4).

Bantuan sembako yang digalang anak rantau.

Untuk tahap pertama, dana dipakai beli masker sebanyak 1.200 pcs, 18 jerigen handsanitizer dan 300 paket sembako seperti gula, minyak goreng, beras, telor, dan vitamin.

“Kami ikhlas membantu. Saling peduli, membantu antara sesama dalam acara suka maupun duka. Itulah motto kami. Apalagi Dusun 1 Nagori Bangun Pane adalah yang pertama di Simalungun terpapar Covid-19. Akibat musibah ini, semua pasti berdampak.

Termasuk perekonomian warga. Pasti merosot tajam. Dilandasi itulah makanya kita menggalang dana buat masyarakat di sana. Khususnya warga yang radius tempat tinggal mereka sangat dekat dengan korban. Pasti mereka sangat sedih dan ketakutan. Tapi apapun itu, semoga bantuan ini nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat di sana,” sebut pengacara yang sudah menangani beberapa kasus di Siantar-Simalungun itu.

Dengan adanya aksi ini, mereka berharap pemerintah setempat seperti camat dan pejabat yang terpilih dari Kecamatan Dolok Masagal lebih peduli dan mau memberikan hatinya untuk membantu masyarakat Nagori Bangun Pane.

“Harapan kita maunya ada masyarakat atau relawan yang tergerak hatinya memberikan bantuan kepada  masyarakat. Kasihan warga di sana. Mereka juga tidak mau seperti itu. Semoga bantuan yang kami berikan nantinya bisa mengurangi beban masyarakat di sana,” harapnya.

Ia kemudian mengajak warga khususnya anak perantau yang belum bergabung agar membuka hatinya membantu masyarakat Dusun 1 dan 2 Nagori Bangun Pane.

Pantauan wartawan, Sabtu (11/4) aksi ini disambut bahagia oleh masyarakat Dusun 1 dan 2 Nagori Bangun Pane, dan berjalan lancar. Pendistribusian bantuan juga dilakukan door to door atau langsung ke rumah warga masing-masing, dibantu pemuda setempat.

Diateitupa ma hubani nasiam niombah nami na i parrattoan, halani peduli do hape nasiam bani ahap nami on. Andohar sehat janah martambah pasu-pasu bani nasiam (Trimakasih kepada anak kami yang di perantauan atas kepedulian kalian kepada orangtua dan keluarga di kampung ini. Semoga Tuhan memberi kesehatan dan melimpahkan rezeki kepada kalian, ” ujar seorang wanita di kampung itu usai menerima bantuan.

Sementara itu, Pangulu Bangun Pane Jhon Maruli Tua Lingga mengucapkan terimakasih atas partisipasi anak rantau yang mau peduli terhadap masyarakat yang kini sedang dilanda musibah.

“Hanya ucapan terimakasih yang bisa kami sampaikan kepada anak rantau dan masyarakat yang telah berpartisipasi. Terimakasih atas kepedulian kalian terhadap kampung ini. Bantuan ini sangat bermanfaat, bisa mengurangi beban masyarakat di sini,” ujar Jhon Marulitua Lingga usai membagikan sembako pada warga.

Bagi warga yang merasa terpanggil membantu sesama bisa menghubungi ke nomor 0812 7066 0976. Atau donasi bisa dikirim atau transfer ke Rekening Mandiri 109 000 5169 958 An Berton Purba; atau Rekening BTN  003 5201 5000 27911 An Berton Purba. (des)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button