Berita

AKBP Heribertus: Usia Boleh Tua, tapi Semangat Tetap Muda

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Usia boleh tua, namun semangat harus tetap muda, khususnya dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Bhayangkari. Demikian dikatakan Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun di lapangan apel Polres Simalungun, Pematang Raya, Senin (28/10/2019) pagi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam sambutannya yang dibacakan AKBP Heribertus menyebutkan, bangsa Indonesia patut menghargai tokoh pemuda tahun 1928 sebagai pelopor pemuda menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Para tokoh pemuda tahun 1928 telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, sekaligus menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil thema ‘Bersatu Kita Maju’. Thema tersebut untuk menegaskan bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Thema ‘bersatu Kita Maju’ sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa. Tapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda-lah Indonesia bisa lebih maju,” tuturnya.

Sambungnya, pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Di satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” terangnya.

Namun, di sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif seperti informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme.

“Informasi tersebut sangat mudah masuk apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Masih dalam amanat Menpora, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral, karakter kinerja, beriman, dan bertakwa.

“Selain berintegritas tinggi, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, dan tuntas. Pemuda juga harus mmeiliki kewirausahawan dan kepeloporan yang mumpuni, serta harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ujarnya.

Diharapkan segenap warga dapat selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan juga para pahlawan.

Upacara dihadiri Wakapolres Simalungun, para Kabag, Kasat, Kasi, dengan peserta upacara seluruh personel Polres Simalungun.

Hujan, tetap Khidmat

Sementara itu, meski hujan turun, tidak menyurutkan semangat para pelajar untuk mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar.

Dalam upacara tersebut, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah menjadi inspektur upacara dan membacakan amanat Menpora.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi  Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, serta para pelajar. (mag-05/rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button