Berita

Air Sungai Sianga Berubah Coklat, Ikan Bermatian

ASAHAN, FaseBerita.ID – Kondisi air Sungai Sianga di Dusun VIII Kampung Baru Desa Teladan Kecamatan Tinggi Raja Kabupaten Asahan berubah warna menjadi coklat dan diduga tercemar.

Warna air berubah menjadi cokelat pekat. Akibatnya warga desa yang memanfaatkan sungai sebagai sumber kehidupan seperti memancing, mandi dan sebagainya menjadi terganggu. Selain warga air yang sebelumnya bening, ikan juga sudah banyak yang mati.

“Ini bukan kejadian pertama. Kami sudah berulang kami mengalami hal ini dan dibicarakan juga ke pihak perusahaan yang berada di hulu tapi sepertinya tak ada hasil. Air sungai masih tercemar,” kata Sarman, salah seorang warga desa kepada wartawan, Sabtu (19/10/2019).

Akibat kejadian ini, dikatakannya membuat warga resah. Pasalnya, sungai itu masih digunakan warga untuk mandi, apalagi saat arus listrik PLN padam. Melihat kondisi itu, warga menuturkan lagi dulunya sungai itu jernih, tidak seperti saat ini kotor dan terkadang airnya banyak bercampur seperti minyak.

“Mungkin itu akibat dari air limbah salah satu pabrik, makanya berubah seperti begini, bahkan banyak ikan-ikan yang mati,” tukasnya.

Sarman menuturkan, kejadian ini sudah lama berlangsung lama, namun tidak ada pihak bersangkutan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Teladan, Darwin juga bersuara sama dengan warganya. Dia saat ini sudah menegur dan menyampaikan kepada pihak perusahan untuk bertanggung jawab, apabila nantinya terbukti jika Sungai Sianga tercemar limbah pabrik perkebunan.

“Karena ini sudah banyak ikan yang mati, ditambah lagi airnya bau. Kita juga sudah bersama-sama meninjau ke lokasi bersama Camat, pihak Kepolisian dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Asahan,” papar Darwin.

Jika persoalan ini terus berlarut, ia berharap aparat penegak hukum bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan bisa mengusut kejadian ini. “Seperti kita lihat di sini banyak ikan-ikan yang mati akibat tercemarnya sungai itu. Jangan lagi terjadi hal yang sama kedepannya,” ucapnya. (per/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close