Berita

Ahsan/Hendra dan Anthony Ginting Melenggang ke Perempat Final

FaseBerita.ID – Hasil manis diraih dua wakil Indonesia di babak 16 besar Selandia Baru Open 2019 Super 300.

Kedua wakil itu ialah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Anthony Sinisuka Ginting. Keduanya berhasil meloloskan diri ke babak perempatfinal setelah tampil impresif di Event Finda Stadium, Auckland, Selandia Baru, Kamis (2/5) siang.

Ahsan/Hendra melaju ke babak delapan besar setelah menaklukkan wakil Jepang, Hiroki Okamura/Masayuki Onodera, straight set dengan skor 21-17 dan 21-14. Ahsan/Hendra memang berhasil tampil tangguh pada laga ini sejak awal. Di set pertama, mereka dapat memimpin dengan skor 11-6. Setelah interval, unggulan kedua ini terus menjaga keunggulannya menjadi 17-12. Laga set pertama pun berakhir dengan 21-17.

Di set kedua, kondisi tak banyak berubah. Ahsan/Hendra bisa memimpin dengan skor 11-8. Setelah interval, mereka semakin memperlebar keunggulannya menjadi 17-8. Laga set kedua pun berakhir dengan skor 21-14. Pada babak delapan besar nanti, Ahsan/Hendra bakal berhadapan dengan unggulan kelima asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin.

Hasil manis Ahsan/Hendra berhasil diikuti oleh Anthony. Langkah pebulu tangkis unggulan pertama ini bahkan lebih mulus ketimbang Ahsan/Hendra. Anthony dapat melenggang ke babak perempatfinal setelah menaklukkan wakil Malaysia, Chong Wei Feng dengan skor 21-6 dan 21-5. Pertandingan ini berlangsung selama 24 menit.

Di babak perempaftinal, Anthony masih menanti lawannya. Ia berpotensi berjumpa dengan legenda bulu tangkis asal China, Lin Dan. Hal ini bisa terjadi jika Lin Dan berhasil menumbangkan wakil India, Sai Praneeeth B, di babak 16 besar Selandia Baru Open 2019.

Sayangnya, hasil manis Ahsan/Hendra tak bisa diikuti oleh pasangan ganda putra lainnya, yakni Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi Isfahani. Mereka gagal melaju ke babak perempatfinal lantaran takluk dari wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dengan skor 13-21 dan 15-21.

Jonatan Juga

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, memastikan diri melangkah ke babak perempatfinal Selandia Baru Open 2019 Super 300. Kepastian ini didapat setelah Jonatan menumbangkan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei, dengan skor 21-14, 14-21, dan 21-16.

Pertarungan yang sengit harus dihadapi Jonatan untuk bisa meloloskan diri ke babak delapan besar. Unggulan ketiga itu membutuhkan waktu selama satu jam untuk bisa menumbangkan Wang Tzu Wei.

Di set pertama, hambatan besar belum dirasakan Jonatan. Ia bisa dengan mudah mencetak angka demi angka sehingga memimpin dengan skor 6-1. Jojo –sapaan akrab Jonatan– terus menjaga tren positif ini hingga interval set pertama. Ia unggul cukup jauh, yakni 11-6. Setelah interval, Jonatan terus memperbesar keunggulannya menjadi 15-8. Laga set pertama pun akhirnya berakhir manis dengan skor 21-14.

Di set kedua, Wang bangkit. Ia tampil begitu trengginas sehingga dapat memimpin sejak awal laga dengan skor 6-2. Pebulu tangkis peringkat 32 dunia itu pun semakin meninggalkan jauh Jonatan dengan skor 11-2.

Setelah interval, Jonatan berusaha mengejar. Tetapi, usahanya tak berbuah manis. Peraih emas di Asian Games 2018 itu pun masih tertinggal dari Wang dengan skor 16-10. Jonatan pun akhirnya takluk dari Wang di set ini dengan skor 14-21.

Pada set penentuan, tensi permainan meningkat. Keduanya berusaha tampil apik demi memastikan diri melenggang ke babak delapan besar. Wang tampil apik di awal laga dengan memimpin 8-6. Jonatan sendiri tak tinggal diam, tetapi usahanya belum mampu mengejar keunggulan Wang. Tunggal putra Taiwan itu pun terus memimpin dengan skor 11-10.

Setelah interval, Jonatan berusaha memangkas ketertinggalannya. Usahanya pun berbuah manis karena kedudukan menjadi imbang 14-14. Setelah itu, ia pun berusaha memanfaatkan dengan baik peluang yang ada sehingga dapat berbalik unggul 16-15. Wang yang tampak sudah kehilangan tajinya itu pun akhirnya takluk dengan skor 21-16.
Jonatan menjadi wakil pertama Indonesia yang lolos ke perempatfinal. Sebab, wakil sebelumnya, yakni Akbar Bintang Cahyono/Annisa Saufika takluk dari ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, dengan skor 13-21 dan 10-21.

Di babak perempatfinal Selandia Baru Open 2019, Jonatan masih menanti lawannya. Ia bakal berhadapan dengan pemenang laga yang mempertemukan Heo Kwang Hee (Korea Selatan) vs Sun Feixiang (China). (oz/int)

iklan usi



Back to top button