Berita

Agus Andrianto Digantikan Martuani Sormin

FaseBerita.ID – Irjen Martuani Sormin bakal menjabat Kapolda Sumatera Utara menggantikan Irjen Agus Andrianto. Selanjutnya, Irjen Agus Andrianto bakal menjabat Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Irjen Pol Martuani Sormin merupakan putra daerah kelahiran Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara. Sebelum promosi menjadi Kapolda Sumut, Martuani Sormin pernah menjabat sebagai Kapolda Papua dengan jabatan terakhir sebagai Asops Kapolri.

“Ya benar. Kapolda Sumut promosi dalam jabatan baru di Kabaharkam,” kata Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono membenarkan mutasi itu, Jumat (6/12/2019).

Argo menjelaskan bahwa mutasi merupakan bentuk penyegaran dan kebutuhan di dalam organisasi Polri. “Kapolda Sumut sebelumnya naik jadi bintang tiga. Penggantinya Pak Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri,” tuturnya.

Terpisah, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan yang dikonfirmasi juga membenarkan rotasi jabatan Kapolda Sumut ini. Menurutnya mutasi merupakan hal yang lumrah di tubuh Polri.

“Mutasi itu adalah hal yang lumrah di tubuh pegawai termasuk Polri. Hal ini untuk penyegaran dan kepentingan organisasi Polri,” sebutnya.

Rotasi juga diberlakukan terhadap sejumlah perwira tinggi Polri lainnya. Ada sejumlah posisi yang diisi orang baru.
Kapolri Idham Azis menempatkan Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengisi posisi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) yang kosong selama sebulan. Penunjukan ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3230/KEP/XII/KEP/2019.

Listyo merupakan mantan Kapolres Surakarta 2010-2012 saat Presiden Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. Kemudian saat memenangkan Pilpres 2014, Jokowi menunjuk Listyo menjadi ajudannya.

Sementara pengganti Listyo di jabatan Kepala Divisi Propam Polri yakni Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pengamanan Internal (Karopaminal) Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

Selain itu, mutasi juga dilakukan pada Brigjen Herry Rudolf Nahak dari Kapolda Papua Barat sebagai Asops Kapolri. Sementara penggantinya sebagai Kapolda Papua Barat adalah Brigjen Pol Tornagogo Sihombing.

Kemudian, Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Firli Bahuri dimutasi dari jabatannya saat ini menjadi analisis kebijakan Baharkam Polri. Posisi Firli akan digantikan oleh Inspektur Jenderal Agus Andrianto.

Kombes Pol Frans Barung Mangara juga dimutasi dari Kabid Humas Polda Jatim menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Divhumas Polri. Posisi Kabid Humas Polda Jatim digantikan Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko yang semula menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Barat.

Sementara posisi Kabid Humas Polda Jawa Barat digantikan Kombes Saptono Erlangga yang sebelumnya menjabat Kabid Humas Polda Kepri. (cnn/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button