Berita

Ada Pesta Sabu, Kosan Jalan Kakap Sibolga Digerebek: 7 Orang Diamankan, 4 Jadi Tersangka

FaseBerita.ID – Sebuah kos-kosan di Jalan Kakap arah laut, Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, digrebek oleh aparat pemerintah kelurahan bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkantibmas, Senin (4/2) sekira pukul 13.00 WIB lalu.

Ditemukan tujuh orang di kamar itu, berikut barang bukti sabu dan alat hisap. Dari hasil pemeriksaan, empat di antaranya ditetapkan tersangka. Keempatnya adalah S alias U (39) warga lingkungan III Kelurahan Sarudik, Tapteng. MAS alias A (28) warga Jalan Mawar, Kelurahan Sibolga Hilir, Sibolga Utara. Kemudian, WMS alias Y (20) dan MP alias L (29), keduanya merupakan warga Jalan Kakap arah Laut. Sedangkan 3 lainnya yakni SRA, RRS dan MEC dilepas, karena tidak cukup bukti.

Menurut Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, penangkapan keempatnya berawal saat aparat pemerintah kelurahan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan pendataan kependudukan.

Saat digrebek di kos-Kosan, keempatnya langsung berusaha melarikan diri. “Kamar kos-Kosan itu ditempati oleh MP. Mereka langsung berusaha kabur. Petugas langsung mengamankan mereka dan menyita barang bukti berupa tiga bungkus sabu, sebuah pisau lipat, lima sedotan plastik, sebuah botol kaca terpasang karet dot dan sebuah pipa kaca bekas bakaran sabu. Kemudian ditemukan lagi barang bukti lain di kloset kamar mandi sebanyak dua bungkus,” terang Sormin, Rabu (12/2).

Keempatnya kemudian digelandang ke Mapolres Sibolga. Dari hasil tes, urine mereka terbukti positif mengandung amphetamine. Dari hasil pemeriksaan, diketahui kalau sabu yang dikonsumsi para tersangka diperoleh dari seseorang di daerah Panjomuran, Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng.

Sabu tersebut dibeli oleh tersangka S seharga Rp500.000. Sebelum mengkonsumsi barang haram tersebut, sabu dibagi menjadi 4 paket kecil. “Sekira pukul 07.00 WIB, tersangka S, MAS dan WSM datang ke kos-korannya MP. Mereka kemudian sepakat ingin mengkonsumsi sabu. S kemudian pergi ke daerah Panjomuran untuk membeli sabu seharga Rp500 ribu. Sabu tersebut dibagi menjadi 4 paket, 1 paket mereka konsumsi bersama-sama,” ungkapnya.

Belum habis dikonsumsi, keempatnya ditangkap oleh aparat pemerintah kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “Baru dua sampai tiga kali hisap, tiba-tiba datang petugas menangkap mereka,” pungkasnya.

Dari data kepolisian, tiga di antara empat tersangka merupakan residivis. Tersangka S masih berstatus bebas bersyarat. Dia pernah dihukum pada tahun 2016 dalam kasus narkotika, dihukum selama 4 tahun 4 bulan. RAS pernah dihukum pada tahun 2016 selama 2 tahun 3 bulan. Kemudian, WSM, dihukum selama 2 tahun 2 bukan pada tahun 2017.

Keempat tersangka kini ditahan di RTP Polres Sibolga, dikenakan pasal 112 ayat 1 Jounto pasal 132 ayat 1 atau pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker