Berita

Abrasi Sungai Batang Angkola Ancam Rumah Penduduk

TAPSEL, FaseBerita.ID – Tingginya curah hujan saat ini mengancam puluhan rumah penduduk di sepanjang aliran Sungai Batang Angkola, tepatnya di Desa Pargumbangan, Kecamatan Angkola Muaratais, akibat abrasi.

Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap pada awak media menyebut, sepanjang ratusan meter pinggiran Sungai Batang Angkola yang ada di wilayah Desa Pargumbangan, sudah sangat mengancam permukiman warga sekitar.

Kondisi itu sudah dilaporkan kepada Bupati Tapsel melalui Badan Penangulan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel, agar mendapat penanganan dan penanggulangan sebelum berdampak buruk bagi warga sekitar.

Solusi sementara dalam mengansitipasi tebing di pinggir sungai tidak amblas, adalah dengan cara memasang bronjong.

“Saya juga khawatir bila air sungai Batang Angkola terus meluap tebing tanah penahan rumah berada di tepi jurang bisa-bisa terancam amblas,” ungkapnya.

Selain mengancam rumah-rumah penduduk, kondisi tersebut juga mengancam satu unit masjid, satu Madrasyah dan satu unit jembatan penghubung antar desa.

“Juga areal pertanian seperti sawah dan kebun warga,” ungkapnya.

Berdasarkan perkiraan lokasi pinggiran sungai yang rawan longsor tersebut memiliki panjang sekitar 500 meter dengan ketinggian lebih kurang 20 meter. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button