Berita

Abang Adik Warga Madina Bisnis Ganja: Punya 2 Ha Ladang Ganja di Tor Sihite

FaseBerita.ID – Di pegunungan Tor Sihite Desa Huta Tua Pardomuan Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal (Madina), kembali ditemukan lahan ganja. Kali ini, tak hanya ladang ganja seluas dua hektare (ha), personel Polres Madina juga turut mengamankan tersangka.

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi didampingi Kasat Narkoba Polres Madina AKP Muhammad Rusli beserta personel Satres Narkoba menerangkan kronologis pengungkapan lahan ganja yang berhasil mengamankan pemilik dan penanam itu dari hasil pengembangan penangkapan tiga orang tersangka pada Sabtu 07 maret 2020 lalu.

“Pengungkapan ini hasil pengembangan dari tindak pidana natkotika golongan satu nomor LP/21/III/Res.4.2/2020/SU/Res MDN. Yang mengamankan tiga tersangka yakni masing-masing Imanuel Situmorang alias Nuel (22), Sahdin Rangkuti (20) dan Joni Rangkuti (19),” kata Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi dalam press release bersama wartawan di Mapolres Madina, Rabu (18/3) siang.

Atas penangkapan ketiga pelaku ini polisi sebelumnya menemukan barang bukti Lima ball ganja kering yang dibalut dengan plastik warna hitam seberat bruto 4.500 gram.

Dan, dari hasil interogasi yang dilakukan terhadap ketiga pelaku lanjut Kapolres, pelaku Sahdin Rangkuti warga Desa Huta Tua mengakui bahwa ia memiliki lahan ladang ganja di pengunungan Tor Sihite.

Selanjutnya, masih Kapolres, bahwa pada Rabu 11 Maret 2020, jajaran personel Satres Narkoba Polres Madina langsung terjun ke lokasi TKP pegunungan Tor Sihite.

“Di situ, petugas menemukan lahan ganja seluas dua hektare. Dan, menemukan pohon ganja sebanyak 10.000 (sepuluh ribu) batang. Petugas memusnahkan sebanyak 9.885 batang langsung di TKP. Dan, disisihkan sebanyak 115 batang untuk dibawa ke Polres Madina,” jelas Kapolres.

Sementara, Kasat Narkoba AKP Muhammad Rusli SH menambahkan bahwa pelaku Imanuel Situmorang warga Kota Sibolga adalah berstatus pembeli dalam kasus ini. Dan, Sahdin ini adalah kakak beradik dengan pelaku Joni.

“Sahdin dan Joni kakak beradik, pelaku Sahdin ini mengakui bahwa ia pemilik ladang dan penanam tanaman. Si Joni ini statusnya penjual yang menghubungkan si Imanuel dengan si Sahdin,” tambah Kasat. (Mag01)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button